Selesai UAS, TPQ dan MDTU Al-Furqon Kedawung Ajak Santrinya Refreshing

Selesai UAS, TPQ dan MDTU Al-Furqon Kedawung Ajak Santrinya Refreshing

Puluhan santri TPQ dan MDTU al-Furqon mengikuti rihlah yang diadaka seusia mereka menjalani ujian akhir semester, Rabu (13/12). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Menjelang akhir tahun bulan Desember ini, lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal tengah menyelenggarakan ujian akhir semester.

Tidak terkecuali lembaga pendidikan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (MDTU).
TPQ serta MDTU al-Furqon yang beralamat di Perumahan Griya Caraka, Desa Kalikoa, Kedawung, bahkan sudah merampungkan agenda ujian akhir semesternya.

Setelah menjalani masa ujian, Rabu (13/13), para santrinya pun diajak untuk refeshing, atau dalam bahasa santri disebut Rihlah.

Kepala TPQ dan MDTU al-Furqon, Ui Candriyani mengungkapkan, para santri sudah belajar, dan berjuang hingga saat ini sudah menyelesaikan ujian akhir semester 1.

Maka, atas perjuangan dan kegigihan para santri selama berproses di semester pertama, lanjut Ui, pihak pengajar memberikan semacam reward, ataupun apresiasi, dengan mengajak mereka untuk sekedar bertamasya.

"Rihlah ini sudah rutin kita lakukan, kita ajak anak-anak bersenang-senang setelah menjalani ujian," ungkap Ui.
Tak jauh-jauh dan tak mewah-mewah, yang penting berkesan dan membuat anak-anak senang, TPQ dan MDTU al-Furqon mengajak puluhan santrinya sekedar berlibur ke salahsatu Waterpark yang ada di Kecamatan Talun.

"Kita tidak jauh-jauh, sederhana saja, yang penting mereka fresh dan senang," jelas Ui.
Dengan agenda rutin seperti Rihlah ini, tak hanya sekedar bersenang-senang, diharapkan Ui, pasca ujian, para santri juga bisa kembali rileks, sehingga setelah ujian yang dilanjut dengan liburan semester ini, mereka akan siap untuk kembali berproses di semester 2.

Setelah ujian akhir semester ini, para santri akan menghadapi masa libur semester, yang menurut kalender akademik, para santri akan memasuki masa libur mulai tanggal 23 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024.

"Setelah ini anak-anak libur, dan kita harapkan, setelah kita ajak refresh, dilanjut libur, awal semester depan mereka sudah bersemangat kembali belajar," kata Ui. (sep)

Sumber: