Kejar Mimpi Cirebon Gelar Bina Desa di Wanasaba Lor, Memahami Resiko Hukum Perundungan

Kejar Mimpi Cirebon Gelar Bina Desa di Wanasaba Lor, Memahami Resiko Hukum Perundungan

BINA DESA. Komunitas Kejar Mimpi Cirebon gelar kegiatan Bina Desa di Desa Wanasaba Lor, Talun, Cirebon selama 3 hari, Kamis - Sabtu (14-16/12/2023).FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Komunitas Kejar Mimpi Cirebon gelar kegiatan Bina Desa di Desa Wanasaba Lor, Talun, Cirebon selama 3 hari, Kamis - Sabtu (14-16/12/2023).

Dengan mengusung tema 'Bersatu Mewujudkan Masyarakat Berdaya Ekonomi dan Peduli Lingkungan', Bina Desa diharapkan mampu menggali potensi Desa Wanasaba Lor.

Acara pembukaan Bina Desa dihadiri Kapolsek Talun AKP H Suhada SH MH, Kepala Desa Wanasaba Lor Gunawan SPdI, Kepala SDN 1 Wanasaba Lor Angga Permana MPd.

Kemudian Perwakilan Bidang Puspaga Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon Siti Hamidah SPdI dan Siti Aisyah SPsi.

Ketua Pelaksana Bina Desa, Dali SPd mengatakan, di hari pertama Bina Desa difokuskan pada bidang pendidikan yakni bagi pelajar SDN 1 Wanasaba Lor dan para orangnya.

Rangkaian kegiatannya antara lain parenting, pemahaman hukum pidana anak dan bimbingan konseling anak. Tempatnya di SDN 1 Wanasaba Lor.

Dali menambahkan, kegiatan parenting diberlakukan bagi orang tua pelajar agar memahami bagaimana menerapkan pendidikan karakter pada anak untuk menghindari praktik perundungan.

Sesi ini diisi oleh Perwakilan DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Siti Hamidah SPdI dan Siti Aisyah SPsi.

Kemudian pemahaman hukum pidana anak juga diberlakukan bagi orang tua pelajar. Sesi ini diisi oleh Kapolsek Talun, AKP H Suhada SH MH.

Tujuannya agar orang tua tahu resiko hukum jika anak menjadi pelaku atau korban perundungan serta penanganan hukumnya.

Sesi selanjutnya ialah bimbingan dan konseling pelajar. Mereka dikumpulkan dalam satu ruangan untuk diberi pemahaman mengenai konseling anak.

Sesi ini diisi oleh Perwakilan DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Siti Hamidah SPdI dan Siti Aisyah SPsi.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan Bina Desa di Wanasaba Lor ini kita mencoba mewujudkan keluh kesah masyarakat terkait pendidiman, lingkungan dan ekonomi," jelasnya.

Kemudian di hari kedua ialah bidang lingkungan. Kegiatan ini melibatkan seluruh masyarakat desa. Di hari ketiga, kegiatan bidang sosial ekonomi difokuskan untuk parapedagang.

Kuwu Desa Wanasaba Lor, Gunawan SPdI menyampaikan harapannya terutama terkait persoalan sampah di desanya.

"Saya berharap terkait lingkungan ini ada edukasi kepada masyarakat tentang sampah karena masih ada warga yang buang sampah sembarangan," katanya.

Gunawan juga berharap, para pelaku usaha di desa dibantu untuk mengembangkan usahanya. Kemudian di bidang pendidikan juga diberi pemahaman terkait menghindari perundungan.  (wan)

Sumber: