Bawaslu Ajak TNI-Polri Lakukan Pengawasan Logistik Pemilu

Bawaslu Ajak TNI-Polri Lakukan Pengawasan Logistik Pemilu

Bawaslu Kota Cirebon saat Rakor bersama dengan Kapolres Cirebon Kota dan Dandim 0614/ Kota Cirebon terkait pengawasan logistik Pemilu, Kamis (14/12).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon menyamakan persepsi bersama dengan unsur TNI-Polri terkait dengan pengawasan logistik Pemilu 2024.

"Kami mengundang TNI-Polri dan semua stake holder, berkaitan dengan upaya mensukseskan Pemilu, karena itu menjadi tanggung jawab kita bersama," demikian disampaikan Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Cirebon, Nurul Fajri, Kamis (14/12).

Terkhusus, kata Fajri, Bawaslu menyamakan persepsi terkait dengan pengawasan bersama terhadap logistik Pemilu yang sudah mulai tersimpan di gudang KPU.

"Bawaslu mengapresiasi atas kolaborasi, sinergi di TNI/Polri, sesuai dengan tupoksi masing-masing termasuk dalam mengawasi kedatangan logistik KPU," kata Fajri.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto mengatakan, terkait dengan sudah datangnya logistik Pemilu ke Kota Cirebon, sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPU, pihak kepolisian ikut mengawal dan mengamankan kedatangannya.

"Terkait pengamanan logistik, sudah berjalan. Setiap tahapan Pemilu, dalam ops Mantap Brata, sudah ada kekuatan pengamanan personil, ada 1/2, sampai 1/3 kekuatan termasuk pengamanan logistik Pemilu," ungkap M Rano.

Bahkan, pengamanan dilakukan di gudang KPU tempat logistik Pemilu disimpan.

"Logistik, ada petugas berjaga bergantian 1x24 jam," ujar Rano.

Mengenai persiapan pendistribusi pada saatnya nanti, kata M Rano, pihaknya siap menurunkan kekuatan pengamanan, namun tetap menunggu koordinasi dan permintaan dari KPU.

"Persiapan pendistribusian logistik, kita koordinasi dengan KPU, KPU nanti kirim surat permohonan bantuan pasukan, sampai pada pengamanan di TPS, dan logistik Pemilu kembali ke KPU," kata M Rano.

Ditempat yang sama, Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Robil Saefullah memastikan TNI ikut memgupayakan agar Pemilu 2024 bisa digelar dengan damai.

"Kami mengedepan komsos untuk mendinginkan tensi. Kita juga ikut melakukan cipta kondisi untuk ikut mewujudkan Pemilu damai," kata Robil. (sep)

Sumber: