Raden Aruman Wirananggapathi Jadi Nama Kesatrian Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar

Raden Aruman Wirananggapathi Jadi Nama Kesatrian Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Kompol Apt Bagus Amrullah menandatangani prasasti penamaan kesatrian, disaksikan keluarga besar Raden Aruman Wirananggapathi, Selasa (19/13).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kesatrian Raden Aruman Wirananggapathi Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat diresmikan, Selasa (19/12).

Ditandai dengan peresmian gapura kebanggaan Satbrimob di pintu masuk kesatrian, dihadiri oleh jajaran pejabat utama Batalyon C Pelopor, Pemda Kabupaten Kuningan serta keluarga besar Raden Aruman Wirananggapathi.

Kesatrian sendiri merupakan markas komando yang meliputi kantor, asrama, atau perumahan yang menjamin fungsi tempat bekerja, tempat berlatih, dan tempat tinggal anggota TNI-Polri, sehingga mempunyai kesiapsiagaan yang tinggi.

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat, Kompol Apt Bagus Amrullah Nurul Imawan menceritakan sekilas sejarah Raden Aruman Wirananggapathi, yang namanya diresmikan menjadi nama Kesatrian di Batalyon C Pelopor.

Diceritakan Bagus, pada tahun 1951, berdiri satu kompi mobil brigade, atau saat ini dikenal Brimob, di Karesidenan Cirebon, dan Komandan Kompi pertama saat itu, adalah Raden Aruman Wirananggapathi, yang saat itu berpangkat Inspektur Satu.

Seiring waktu berjalan, pada tahun 1961, Raden Aruman diangkat menjadi Komandan Batalyon (Danyon) 206 Mobil Brigade.

"Raden Aruman punya sejarah disini, dari Komandan Kompi pertama, kemudian menjabat menjadi Danyon, dan pada tahun 1963, beliau sudah berpangkat Letnan Kolonel," jelas Bagus.

Kemudian pada saat menjabat Danyon, pada tahun 1967, Raden Aruman ditugaskan menjadi Bupati Kuningan, berjalan mulai tahun 1967 sampai 1973.

Dengan penamaan kesatrian ini, juga sejarah panjang Raden Aruman Wirananggapathi, diharapkan Bagus, hubungan silaturahmi dan kerjasama antara batalyon dengan Pemda Kabupaten Kuningan, juga keluarga besar Raden Aruman terus berjalan.

"Pemberian nama Kesatrian dengan nama Raden Aruman Wirananggapathi ini merupakan wujud kebanggaan kami, satuan Batalyon C Pelopor kepada beliau, komandan kompi pertama, kemudian menjadi komandan batalyon. Sejarahnya hampir sama seperti saya disini, saya komandan pleton tahun 2010, dan tahun 2022 kembali menjadi Danyon," kata Bagus.

Sementara itu, Perwakilan Keluarga Raden Aruman Wirananggapathi, R Aryasih bersyukur terhadap apresiasi yang diberikan oleh Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat kepada ayahandanya.

"Alhamdulillah, ini menjadi kebangaan bagi keluarga, karena nama ayah diabadikan di salahsatu Kesatrian Brimob," ungkap R Aryasih.

Disebutkan R Aryasih, Raden Aruman Wirananggapathi, merupakan seorang anak tunggal yang saat bertugas dulu, dikaruniai 14 putra dan putri.

Saat ini, putra dan putri Raden Aruman Wirananggapathi, hanya delapan orang yang masih ada, termasuk dirinya di urutan ke-5.

Sumber: