Panwascam Kejaksan Inisiatif Bikin Maket TPS untuk Bimtek PTPS

Panwascam Kejaksan Inisiatif Bikin Maket TPS untuk Bimtek PTPS

Ketua Panwascam Kejaksan, Subagyo menunjukkan maket TPS yang sengaja dibuat untuk memberikan pemahaman tupoksi kepada petugas PTPS. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Setelah petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dilantik serentak, Senin (22/01) lalu, Panwascam di masing-masing kecamatan langsung memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para petugas PTPS.

Panwascam berkewajiban memberikan pemahaman kepada para petugas PTPS terkait tugas dan wewenang selama mereka bertugas satu bulan dalam masa kerja.

Unik, Panwascam Kejaksan, berinisiatif memberikan pemahaman kepada para petugas PTPS dengan membuat maket TPS dengan skala 1:800.

Dengan bentuk 3 dimensi, Panwascam Kejaksan membuat sebuah maket, yang didesain sama persis dengan kondisi TPS nanti.

Mulai dari posisi setiap petugas, ada keterangan waktu pencoblosan, posisi tempat menunggu calon pemilih hinhga alurnya.

"Inisiatif Panwascam Kejaksan, untuk menjelaskan ke PTPS tugas mereka nanti, biar mudah dipahami, kita buat maket," demikian disampaikan Ketua Panwascam Kejaksan, Subagyo kepada Rakyat Cirebon, Rabu (24/01).

Untuk alat peraga dalam memberikan pemahaman tupoksi kepada para petugas PTPS, diakui Subagyo, memang ada dalam ketentuan, hanya saja dalam bentuk dena, sehingga perlu agak lama untuk memahamkan para petugas PTPS.

"Kita hanya dapat denah, kalau hanya denah, menurut kami kurang bisa memahamkan. Kalau dengan maket, mereka para petugas PTPS langsung paham," lanjut Subagyo.

Papan maket TPS 3 dimensi ini, dikatakan Subagyo, sudah digunakan untuk memberikan pemahaman kepada para petugas PTPS.

"Kemaren ada simulasi, saya coba jelaskan pakai maket ini, mereka langsung paham," jelas Subagyo.

Bahkan, sebagai bentuk Bimtek tambahan, masih dikatakan Subagyo, Panwascam Kejaksan sudah mengagendakan, bahwa setiap hari, dijadwalkan ada 10 petugas PTPS yang mendapatkan bimtek di kantor sekretariat Panwascam Kejaksan.

"Ada 147 petugas PTPS, setiap hari kita jadwalkan 10 orang untuk bimtek tambahan disini, kita pakai maket TPS ini," kata Subagyo. (sep)

Sumber: