Wujudkan Kemandirian, Warga Setupatok Gelar Pasar Olahan Pangan Lokal

Wujudkan Kemandirian, Warga Setupatok Gelar Pasar Olahan Pangan Lokal

PANGAN LOKAL. Sekumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam Keluarga Sadar Iklim Dusun Karangdawa, Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon gelar pasar olahan pangan lokal, Minggu (28/1/2024) pagi. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sekumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam Keluarga Sadar Iklim Dusun Karangdawa, Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon gelar pasar olahan pangan lokal, Minggu (28/1/2024) pagi.

Pasar dadakan yang diberi nama Pasar Balset (Balong Setu) ini menyuguhkan banyak ragam olahan pangan lokal yang mayoritas bahan bakunya diproduksi petani setempat. Tempatnya di depan Saung Wangsakerta, Jalan Jeunjing Desa Setupatok.

Adapun olahan pangan lokal dikajakan di Pasar Balset antara lain, peyek kacang tanah, peyek kacang ijo, peyek bayem, tempe crispy, kripik sukun, sistik daun kelor/katuk, dodol ketan, nasi uduk dan es telang/rosella.

Kemudian Bubur + sayur lodeh, sambal asem + soun, onde-onde, jamur crispy, wedang bandrek, pepes, gabin ubi, tape, pisang, sambal terasi, siwang, basreng, cilok, dongkal, ubi lumer, depu, cireng isi, sambal cumi, pete, jengkol, dan aci kokoh.

Ada pula opak tumpi, krupuk mlarat, tahu gejrot, kacang tanah rebus, gadungan singkong, buras, gorengan tahu isi, geblog kinca, singkong thailand, pipis capu, dan brownis ubi ungu.

Lalu ada cilok ayam suwir, krupuk gadung, jalabaya, krupuk singkong, gethuk singkong, ayam bakar urab lembayung, pisang ubi singkong rebus, dan bubur campur (bubur kodok, bubur lemu, bubur glendur).

Gelaran perdana Pasar Balset juga dihadiri perwakilan dari DLH Kabupaten Cirebon, BPP Mundu, FORKOCI, Banser, para akademisi dan aktivis serta masyarakat umum.

Pendiri Yayasang Wangsakerta, Farida Mahri mengatakan, digelarnya Pasar Balset merupkan rangkaian dari upaya mewujudkan kemandirian pangan masyarakat desa.

Selama ini, Yayasan Wangsakerta aktif mengajak petani di Desa Setupatok untuk menanam dan berkebun. Hasil panennya diolah menjadi komoditas pangan lokal yang dijajakan di Pasae Balset.

"Pasar Balset merupakan kegiatan panen pengetahuan yang diinisiasi Yayasan Wangsakerta bersama ibu-ibu KADARKIM yang didampinginya untuk melakukan kegiatan menanam di pekarangan dan lahan tidur seputar kampung serta pengolahan sampah dalam rangka mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," jelas Farida.

Di Pasar Balset, ibu-ibu tersebut menjual hasil tanamnya baik berupa bibit, sayuran maupun olahan makanan.

Di momen yang sama, Saebah mewakili 130 perempuan dari kelompok KADARKIM memberikan bibit kelor kepada Camat Mundu, Anwar Sadar dalam acara pembukaan Pasar Balset.

"Harapannya pemerintah mendukung upaya masyarakat untuk melakukan gerakan konservasi kawasan Danau Setupatok yang ada di Kecamatan Mundu Cirebon," ujar Saebah.

Konservasi Danau Setupatok menjadi sangat urgent umtuk menghadapi perubahan iklim serta untuk kesejahteraan masyarakat di seputar kawasan dan masyarakat umum yang mengunjunginya sebagai tujuan wisata. (wan)

Sumber: