Bulog Cirebon Salurkan Bantuan Pangan Beras, Tahap 1 Baru 73 Persen

Bulog Cirebon Salurkan Bantuan Pangan Beras, Tahap 1 Baru 73 Persen

SALURKAN. Perum Bulog Cabang Cirebon mulai menyalurkan bantuan pangan dalam bentuk beras ke 612.000 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Perum Bulog Cabang Cirebon mulai menyalurkan bantuan pangan dalam bentuk beras ke 612.000 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan.

Setiap KPM mendapat 10 kg beras yang berasal dari cadangan beras pemerintah. Penyaluran dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama dilakukan pada Januari, Februari dan Maret. Kemudian tahap kedua dilakukan pada April, Mei dan Juni.

Pimpinan Cabang Bulog Cirebon, Imam Firdaus Jamal mengatakan, pada tahap pertama penyaluran bulan Januari terealisasi 73 persen atau 4.471 ton.

Pihaknya menargetkan bantuan alokasi Januari untuk 4 daerah bakal rampung 100 persen dalam minggu-minggu ini. Penyaluran beras ke KPM melibatkan PT Pos Indonesia.

"Terkait situasi sekarang apa yang sedang dikerjakan Perum Bulog Kancab Cirebon, kami sedang mendapat tugas dari Bapanas menyalurkan bantuan pangan dalam bentuk beras," katanya.

Dijelaskan Imam, penyaluran beras bantuan tersebut dilakukan untuk menjagan ketahanan pangan masyarakat.

"Kami harapkan dalam Minggu ini kita selesiakan alokasi tahap pertama Januari tersebu. Transporter yang digunakan PT Pos Indonesia," kata Imam.

Imam mengatakan, penyaluran bantuan beras juga dilakukan sebagai upaya menyeimbangkan harga beras dan jumlah pasokannya.

Dijelaskan Imam, cadangan beras yang tersedia di Bulog Cirebon saat ini mencapai 11.500 ton.

Sementara cadangan yang sedang dalam perjalanan menuju gudang mencapai 3500 ton. "Jadi secara angka cadangan beras Bulog Cirebon ada15.000 ton," pungkas Jamal. (wan)

Sumber: