Pelestari Hutan Mangrove Satu-satunya di Kota Cirebon Dijagokan Raih Kalpataru

Pelestari Hutan Mangrove Satu-satunya di Kota Cirebon Dijagokan Raih Kalpataru

PELESTARIAN. Ketua RW 09 Kesunean Selatan Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk, Pepep Nurhadi dijagokan meraih penghargaan Kalpataru. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

Ditambah lagi, ibu-ibu di Kesunean Selatan memanfaatkan daun mangrove sebagai motif batik alam (ecoprint). "Manfaatnya sangat banyak sekali," jelas Pepep.

Atas kiprah tanpa henti Pepep dalam melestarikan hutan mangrove di Kesunean Selatan, dia dijagokan oleh DLH Kota Cirebon dalam ajang penghargaan Kalpataru. 

Pepep mengatakan, menang atau tidaknya dia pada ajang tersebut tidak jadi soal. Yang penting baginya ialah keberadaan hutan mangrove di Kesunean Selatan mendapat dukungan banyak pihak.

Kepala DLH Kota Cirebon, dr Yuni Darti mengakui, peran Pepep terbilang penting dalam pelestarian hutan mangrove. Tanpa komitmen yang kuat akan sulit. 

Sementara itu, Lurah Kasepuhan Deny Rachman mengatakan, kiprah Pepep dalam pelestarian lingkungan tak terbatas pada hutan mangrove saja. 

Juga berkontribusi pada pembentukan Bank Sampah Mekar Berseri dan kegiatan lingkungan lainnya seperti produksi kompos dan daur ulang sampah plastik. (wan)

Sumber: