2.066 APK Sudah Diturunkan, 90 Persen Wilayah Lemahwungkuk Sudah Bersih

2.066 APK Sudah Diturunkan, 90 Persen Wilayah Lemahwungkuk Sudah Bersih

Ketua Panwascam Lemahwungkuk, Rahmat Sapi'i saat diwawancarai soal pembersihan APK usai masa kampanye berakhir.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Selama tiga hari masa tenang, mulai dari tanggal 11 sampai 13 Februari, penyelenggara Pemilu, KPU bersama dengan Bawaslu, juga dengan personil Satpol PP hingga personil Damkar turun melakukan penurunan APK-APK.

Sampai hari ketiga ini, petugas masih melakukan penyisiran-penyisiran di sejumlah titik.

Di Kecamatan Lemahwungkuk, sampai hari ketiga ini, Ketua Panwascam Lemahwungkuk, Rahmat Sapi'i mengatakan bahwa untuk di jalan-jalan protokol, 90 persen sudah kembali bersih dari APK.

"Pembersihan APK sudah 90 persen, hari ini dilanjutkan oleh Satpol PP, karena kita sudah mulai fokus ke pergeseran logistik," ungkap Rahmat, Selasa (13/02).

Sejak hari pertama masa tenang, disebutkan Rahmat, pihaknya bersama petugas gabungan sudah menyisir beberapa ruas jalan utama, mulai dari jalan Sisingamangaraja, jalan Pesisir, jalan Kalibaru, jalan Panjunan, bundaran Pelabuhan, jalan Yos Sudarso, jalan Kalijaga hingga menuju perbatasan Kabupaten Cirebon.

Pembersihan APK, juga berlanjut di jalan Cangkol, jalan Kesunean, jalan Pegambiran hingga jalan layang, baik diatas atau dibawahnya.

"Itu yang kita bersihkan, ada beberapa jenis APK, untuk di gang dan kampung-kampung, kita koordinasi dengan PTPS dan KPPS," sebut Rahmat.

Dari sejumlah ruas jalan, petugas membersihkan beberapa jenis, diantaranya, ada 15 APK billboard, 367 APK spanduk, 573 APK bendera berbagai parpol, 403 APK baligo serta 708 APK banner.

Diakui Rahmat, masih ada APK-APK yang tidak bisa dijangkau, seperti billboard berbayar dan bendera-bendera tinggi, dan itu masih terus disisir oleh petugas Satpol PP.

"Ada yang tidak terjangkau, kita kerjasama Satpol PP. Bendera paling banyak di jalan layang. Jadi jumlah keseluruhan ada 2.066 APK yang kita turunkan," jelas Rahmat.

Jumlah keseluruhan tersebut, kata Rahmat, belum termasuk data dari hasil penurunan APK di gang dan perkampungan-perkampungan yang sudah dilakukan oleh PTPS dan KPPS sehingga diprediksi jumlahnya akan lebih banyak

"Belum dengan yang di kampung-kampung, kita libatkan PTPS dan KPPS membersihkan di lingkungan kampung-kampung," ujar Rahmat.

Disoal mengenai, kondisi sejumlah ruas jalan yang sudah dibersihkan, namun media pemasangan, seperti tiang-tiang bendera, masih ada dan belum dicabut, Rahmat menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP, untuk melakukan penyisiram kembali.

"Yang masih ada tiang-tiang yang belum dicopot, kita koordinasi dengan satpol PP, infonya nanti akan ada penyisiran. Pengawasan di masa tenang, kita juga lakukan patroli, dan sampai saat ini Alhamdulillah kondisi aman," imbuh Rahmat. (sep)

Sumber: