Jadi DPT Dominan, Milenial Cirebon Serukan Gen Z Agar Tak Golput

Jadi DPT Dominan, Milenial Cirebon Serukan Gen Z Agar Tak Golput

Sekelompok anak muda yang mengatasnamakan Milenial Cirebon menyerukan para pemuda untuk ambil peran dan tidak golput di Pemilu 2024.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Menjelang detik-detik hari pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024, tak hanya penyelenggara, dalam hal ini KPU, berbagai komunitas pun terus menyuarakan agar rakyat menggunakan hak pilihnya, dan menghindari golput.

Di Kota Cirebon, sekelompok anak muda yang mengatasnamakan dirinya Milenial Cirebon, mengajak, serta menyerukan kepada generasi milenial untuk bersama-sama berkontribusi dalam sistem demokrasi yang ikut menentukan arah bangsa, melalui Pemilu.

Para pemuda, diajak untuk menggunakan hak pilihnya, menyempatkan waktu yang hanya 10 menit untuk berdiri dibilik suara, dan memilih siapa pemimpin kedepan, baik untuk legislatif, DPD maupun presiden.

"Pertama, kami perwakilan Gen Z dan milenial Kota Cirebon, mengajak dan memberikan sosialisasi kepada Gen Z untuk tidak golput," demikian disampaikan Tokoh Gen Z Cirebon, Akmal Muzhafar Rasul usai deklarasi di salahsati Cafe di jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Senin (12/02) sore.

Deklarasi tersebut, lanjut Akmal, dilakukan untuk menggugah para generasi muda agar ikut memilih.

Pasalnya, menurut pengamatan dia, pada setiap Pemilu, angka partisipasi pemilih cenderung menurun dan angka golput sekamin tinggi.

Maka dari itu, karena pada Pemilu kali ini, lebih dari 50 persen Daftar Pemilih Tetap adalah generasi muda, atau dalam bahasa Pemilu disebut pemilih pemula, maka ia dan kawan-kawannya menyerukan kepada generasi muda untuk ikut ambil bagian, dan menghindari golput.

"Intinya kami ingin mengurangi angka Golput, karena setiap Pemilu, kategori pemilih pemula anak muda semakin tinggi. Maka kita harus ajak gen Z agar tidak Golput. Terlebig saat ini gen Z ini setengahnya dari keseluruhan DPT," ajak Akmal.

Selain mendeklarasikan diri untuk menghindari golput, Akmal bersama para pemuda lainnya pun menyerukan, agar Pemuda mengambil peran dalam dunia perpolitikan, sehingga tak hanya menjadi komoditas dan objek politik saja

"Pemuda jangan jadi objek politik, karena yang kedepan akan tampil adalah generasi kita, generasi Z saat ini," jelas Akmal.

Akmal pun menegaskan, bahwa ajakan ini murni menjadi sebuah seruan dan ajakan, tidak ada tendensi apapun terhadap pihak manapun.

"Kami fokus mengajak, pilih yang berkualitas, kami sosialisasikan kepada pemilih muda, pilih yang kompeten dan komitmen. Kami hanya mengajak, soal pilihan apapun dan siapapun, itu hak masing-masing," tegas Akmal. (sep)

Sumber: