Rekap di Kecamatan Terus Berproses, Pekalipan Diprediksi Segera Selesai

Rekap di Kecamatan Terus Berproses, Pekalipan Diprediksi Segera Selesai

Proses pleno rekapitulasi di PPK Kesambi baru dimulai Senin pagi, di kecamatan lain terus berproses. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Setelah pemungutan suara dilaksanakan, Rabu 14 Februari pekan lalu, saat ini, proses rekapitulasi mulai dilakukan di tingkat Kecamatan.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lima kecamatan di Kota Cirebon sedang melakukan pleno rekapitulasi tingkat Kecamatan.

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengungkapkan, pleno rekapitulasi sudah mai berjalan di lima kecamatan.
Rekap di Kecamatan Pekalipan, kata Mardeko, sudah dimulai sejak Sabtu akhir pekan lalu, dan sampai Senin (19/02) kemarin masih terus berjalan.

Tiga kecamatan, yakni Lemahwungkuk, Kejaksan dan Harjamukti, memulai pleno rekapitulasi pada hari Minggu (18/02) lalu, dan untuk Kecamatan Kesambi, baru memulai pleno rekap pada Senin pagi.

Bahkan untuk Harjamukti, mempertimbangkan banyaknya DPT dan TPS yang ada, PPK infonya sampai memasang lima panel untuk rekapitulasi.

"Progres rekap di kecamatan, Pekalipan yang sudah mau selesai, karena Pekalipan mulai sejak Sabtu," lanjut Mardeko.

Sesuai dengan PKPU nomor 05 tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, maka range waktu untuk rekap di kecamatan, dimulai sejak tanggal 15 Februari sampai 3 Maret.

"Hasilnya, setelah pleno selesai, diumumkan di lokasi yang bisa diakses masyarakat. Pleno di kecamatan terbuka, masyarakat boleh menyaksikan, tapi tidak boleh terlalu dekat dengan area pleno," kata Mardeko.

Sementara itu, Ketua PPK Pekalipan, Nilawati menambahkan, pleno di Pekalipan sudah berjalan sejak Sabtu lalu, dan diprediksi, akan bisa selesai pada hari Selasa ini.

"Tinggal satu kelurahan lagi, Insya Allah besok bisa selesai," kata Nilawati. (sep)

Sumber: