Hitung-hitungan PSU di Kejaksan, NasDem Sebut Potensi Tambah Kursi, Golkar Pastikan PSU Tak Pengaruhi Kursinya

Hitung-hitungan PSU di Kejaksan, NasDem Sebut Potensi Tambah Kursi, Golkar Pastikan PSU Tak Pengaruhi Kursinya

KPU Kota Cirebon--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang bakal dilakukan oleh KPU di lima TPS memberikan ruang bagi parpol peserta Pemilu untuk bisa memperbaiki perolehan suara, atau bahkan menambahnya.

Terutama, di dua dapil yang TPS nya bakal diulang, yakni di Kecamatan Kejaksan yang masuk di Dapil 1, serta di Kecamatan Kesambi yang masuk di Dapil 5.

Sebagaimana diketahui, di tiga TPS di Kecamatan Kejaksan, PSU bakal dilakukan untuk empat surat suara, terkecuali surat suara Pilpres.

Sementara di dua TPS di Kesambi, untuk TPS 027 Karyamulya bakal diulang untuk semua surat suara, dan di TPS 002 Kesambi hanya untuk Pilpresnya saja.

Untuk DPT di lima TPS yang bakal PSU, jumlahnya pun cukup banyak, dimana DPT dilima TPS semua berada diatas 200.

Data yang dihimpun Rakyat Cirebon, DPT di TPS 005 Kejaksan ada 246 pemilih, DPT di TPS 008 Kesenden ada 232 pemilih, DPT di TPS 17 Kesenden ada 227 pemilih, DPT di TPS 027 Karyamulya ada 246 pemilih dan DPT di TPS 002 Kesambi ada 254 pemilih.

Saat ini, meskipun rekap di tingkat Kecamatan masih terus berjalan, namun masing-masing parpol sudah mengantongi data, termasuk ranking parpol di masing-masing dapil.

Seperti partai NasDem, mereka memiliki tabulasi data, yang mana untuk Dapil 1, datanya menunjukkan NasDem berada di ranking kedua dibawah partai Golkar.

Maka dengan adanya PSU di tiga TPS, NasDem terang-terangan menyatakan bahwa kesempatan untuk menambah kursi di dapil tersebut kembali terbuka.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua Bappilu DPD Partai NasDem Kota Cirebon, M Noupel SH MH saat dikonfirmasi Rakyat Cirebon, Selasa (20/02).

"Dengan PSU di Dapil I, kesempatan kita dapat dua kursi kembali terbuka, karena PSU di 3 TPS, DPT nya cukup banyak," ungkap Noupel.

Sampai saat ini, disebutkan Noupel, data tabulasi NasDem yang didasarkan para form C-Hasil dari saksi di semua TPS, memastikan bahwa lima kursi sudah dipastikan aman milik partai besutan Surya Paloh tersebut, bahkan termasuk untuk nama-nama yang bakal duduk di parlemen nanti.

Bahkan, dikatakan Noupel, masih berdasarkan tabulasi yang ada, NasDem menjadi jawara di tiga dapil, dan menjadi runner up di dua dapil lainnya.

"Yang sudah aman, itu kita lima kursi, di setiap dapil terisi," lanjut Noupel.

Sumber: