Strategi Dijamin Ampuh! 7 Cara Agar Rumah Tidak Panas di Musim Panas

Strategi Dijamin Ampuh! 7 Cara Agar Rumah Tidak Panas di Musim Panas

Taman didalam rumah bisa mencegah panas saat musim panas. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Musim panas seringkali menjadi momok bagi masyarakat yang menginginkan kesejukan di dalam rumah. 

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa strategi yang bisa diterapkan agar rumah tetap nyaman meskipun teriknya sinar matahari. 

Berikut adalah cara-cara yang mudah diikuti dan efektif untuk mewujudkan hunian yang sejuk:

1. Merancang Void di Dalam Rumah

Desain hunian anti-panas dengan void rumah dapat menjadi solusi efektif. Void, yang merupakan ruang kosong di dalam bangunan bertingkat, menghubungkan lantai atas dan bawah sehingga meningkatkan sirkulasi udara. Rumah dengan void cenderung lebih sejuk dan adem.

2. Taman di Dalam Rumah

Menambahkan taman di dalam rumah bukan hanya memberikan nuansa hijau yang indah, tetapi juga menyuplai udara segar dan bersih. Taman dalam rumah dapat dijadikan tempat bersantai sekaligus meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

3. Perhatikan Ventilasi

Ventilasi yang baik sangat penting untuk sirkulasi udara yang optimal di dalam rumah. Penggunaan jendela besar dengan perhitungan matang dapat meningkatkan aliran udara dan memberikan pencahayaan alami. Perumahan seperti The Zora Cluster Kanade telah memperhatikan pentingnya ventilasi untuk menciptakan hunian yang sejuk.

4. Menggunakan Beton pada Konstruksi Rumah

Penggunaan beton pada konstruksi rumah dapat membantu menyeimbangkan suhu. Beton memiliki massa termal yang lebih tinggi, mampu menyimpan panas di siang hari dan melepaskannya pada malam hari. Pilihan ini sangat efektif, terutama pada rumah dua lantai.

5. Mengaplikasikan Cat Anti Panas

Cat anti panas dapat membantu meredam suhu tinggi dari sinar matahari. Meskipun efeknya tidak signifikan, penggunaan cat ini dapat membantu mengurangi panas yang diserap oleh permukaan bangunan, sehingga suhu di dalam rumah lebih terkendali.

6. Memanfaatkan Alat Elektronik

Sumber: