Ternyata Cara Menata Ruang Tamu Bisa Mempengaruhi Perasaan Kita Lho, Berikut 7 Tipsnya!

Ternyata Cara Menata Ruang Tamu Bisa Mempengaruhi Perasaan Kita Lho, Berikut 7 Tipsnya!

Tips menata ruang tamu yang nyaman. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Ketika desain ruang tamu, tidak hanya tentang estetika visual, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan emosional kita. 

Salah satu ruang yang paling penting untuk diperhatikan adalah ruang tamu, tempat di mana kita sering berkumpul bersama keluarga dan teman. 

Ternyata, cara kita menata ruangan ini dapat memengaruhi perasaan dan suasana hati kita. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menciptakan ruang tamu yang nyaman dan memikat:

1. Identifikasi Titik Fokus

Sebelum mulai menata ruang tamu, penting untuk mengidentifikasi titik fokus utamanya. Apa visi gaya hidup Anda? Apakah Anda lebih suka suasana yang santai untuk bersantai dengan keluarga, atau apakah Anda mencari ruang yang cocok untuk bersosialisasi dengan teman-teman? Letakkan barang-barang atau karya seni yang mencerminkan visi Anda di titik fokus utama ruang tamu Anda.

2. Posisi Sofa dengan Bijak

Posisikan sofa Anda dengan cermat. Jika ruang tamu Anda luas, pertimbangkan untuk menyusun sofa dalam bentuk huruf L.

Ini menciptakan suasana yang ramah dan terbuka, ideal untuk berdiskusi atau berkumpul dengan banyak orang. Pastikan sofa yang sering digunakan ditempatkan di tempat yang kokoh, memberikan perlindungan dan dukungan bagi penggunanya.

3. Penuhi Ruang dengan Barang-barang Favorit

Dekorasikan ruang tamu Anda dengan barang-barang yang Anda sukai dan memberikan kesan positif. Hindari barang-barang yang membuat Anda merasa negatif atau stres. Sentuhan pribadi akan meningkatkan suasana hati Anda setiap kali Anda memasuki ruangan.

4. Letakkan Karpet

Karpet tidak hanya menambahkan sentuhan visual yang indah ke ruang tamu Anda, tetapi juga dapat menyatukan furnitur secara visual. Pilihlah karpet yang cukup besar untuk mencakup sebagian besar area ruang tamu Anda, menciptakan kesan luas dan menyambungkan semua elemen dalam ruangan.

5. Keseimbangan Yin dan Yang

Pencahayaan adalah aspek penting dalam menciptakan suasana yang menyenangkan di ruang tamu. 

Sumber: