7 Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern, Estetika dan Fungsi dalam Satu Hunian Minimalis

7 Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern, Estetika dan Fungsi dalam Satu Hunian Minimalis

Ilustrasi desain rumah panggung modern. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Ingin memiliki hunian dengan tampilan berbeda? Tidak ada salahnya untuk menerapkan desain rumah panggung modern. 

Di Indonesia, rumah panggung banyak ditemukan di daerah pesisir atau pedesaan, dibangun untuk menghindari risiko banjir saat laut pasang atau sungai meluap.

Meski identik dengan hunian tradisional, kini banyak masyarakat yang tertarik membangun rumah panggung modern. 

Selain dari segi keamanan, konsep rumah panggung modern juga dianggap estetis dan menarik untuk diaplikasikan.

Berminat memiliki hunian unik semacam ini? Berikut inspirasi desain rumah panggung modern yang layak untuk kamu tiru.

1. Rumah Panggung Modern Beton

Jika kamu ingin tempat tinggal yang kokoh dan tahan lama, rumah panggung modern beton bisa menjadi pilihan terbaik. Material beton digunakan untuk pondasi dan struktur dinding rumah, memberikan kesan kuat dan modern.

Contohnya, pondasi rumah panggung ini dibuat dengan beton pada tiang-tiang pondasi dan struktur dindingnya. Atap sandar dan warna cat abu-abu menambah kesan modern pada rumah ini.

2. Rumah Panggung Kayu Modern

Material kayu bisa digunakan untuk membuat struktur dinding dan pelapis lantai rumah, seperti desain rumah panggung kayu modern. Pondasi bisa dibuat dari beton atau tiang besi untuk kekuatan tambahan.

Kombinasi cat hitam dan cokelat kayu pada dinding fasad memberikan kesan elegan dan modern. Jendela besar juga bisa ditambahkan untuk sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

3. Rumah Panggung Kayu Minimalis

Rumah panggung juga bisa dibangun dengan konsep arsitektur minimalis. Struktur dinding berbahan kayu dan pondasi dari tiang besi menciptakan desain yang sederhana namun fungsional.

Area bawah rumah bisa dimanfaatkan sebagai carport jika rumah dibangun di lahan datar. Model ini cocok untuk perkotaan dengan lahan yang terbatas.

Sumber: