BPBD Kabupaten Cirebon Siapkan Pasukan dan Pos Mudik Lebaran Idul Fitri

BPBD Kabupaten Cirebon Siapkan Pasukan dan Pos Mudik Lebaran Idul Fitri

DUKUNGAN: BPBD Kabupaten Cirebon, menyiapkan pasukan dan dua pos untuk memastikan keselamatan dan kelancaran mudik Lebaran. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon turut terlibat dalam penyelenggaraan mudik lebaran. Keterlibatan ini, sebagai respon terhadap intruksi dari BPBD Provinsi Jawa Barat.

Hal itu, disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya ketika ditemui Rakyat Cirebon, Selasa 26 Maret 2024. Menurut Deni, BPBD Kabupaten Cirebon telah menyiapkan sejumlah personil untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun ini. 

"Kita siapkan dua pos. Pos pertama di Ramayana dan pos kedua di Kantor BPBD," kata Deni Nurcahya. 

Total pasukan yang disiapkan untuk berjaga, sebanyak 20 personil. Nantinya, mereka akan berjaga secara bergantian. "Ya, kita berlakukan piket. Nanti tekhnisnya aplusan. Gantian. Itu untuk memastikan kesiapan selama mudik lebaran," katanya. 

Sejauh ini kata Deni, masih tahap persiapan. Pihaknya sudah mengikuti berbagai pertemuan. Selain dengan BPBD Provinsi, juga dengan pihak kepolisian. Yakni Polresta Cirebon. 

"Kita diminta untuk menjadi bagian dari supporting. Meski suporting, tetap patuh aturan. Mempersiapkan dan menyiapkan pasukan selama periode H-7 hingga H+7," katanya.

Disinggung soal alasan hanya dua pos yang disiapkan BPBD karena BPBD sifatnya hanya sebagai penunjang. Bukan penyelenggara. Termasuk alasannya kenapa tidak menyiapkan pos dan pasukan di daerah rawan bencana dan daerah perbatasan. 

Meskipun tidak secara resmi ditugaskan di wilayah perbatasan atau daerah rawan bencana, BPBD Kabupaten Cirebon tetap siap untuk bertindak jika diperlukan. "Jika ada kebutuhan di wilayah perbatasan, kami pasti akan menyiapkannya," katanya. 

Menurut Deni berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya BPBD turut serta membantu berjaga di pos-pos. "Termasuk memberikan bantuan secara teknis ketika terjadi kecelakaan," tambahnya.

Dengan kesiapan dan keterlibatan yang telah dipersiapkan, BPBD Kabupaten Cirebon bersiap untuk memberikan dukungan dan bantuan selama periode mudik lebaran guna memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan para pemudik. (zen)

Sumber: