Kampung Wisata Kacirebonan Segera Diluncurkan, Ada Becak Wisata Keliling Spot Bangunan Tempo Dulu

Kampung Wisata Kacirebonan Segera Diluncurkan, Ada Becak Wisata Keliling Spot Bangunan Tempo Dulu

KAMPUNG WISATA. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Kota Cirebon telah menginisiasi terbentuknya kampung wisata di komplek Keraton Kacirebonan. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Kota Cirebon telah menginisiasi terbentuknya kampung wisata di komplek Keraton Kacirebonan. 

Seperti tren sekarang, setiap daerah tengah berlomba-lomba membuat kampung wisata. Hakekatnya turis gemar mengunjungi kampung wisata. Misalnya, yang menarik perhatian mereka yakni kampung wisata bernuansa seni budaya.

"Konsepnya sudah dirancang dan disosialisasikan kepada para pelaku industri wisata. Bahkan secara rutin Disbudpar melaksanakan temu bersama pelaku wisata," ungkap kepala Disbudpar, Agus Sukmanjaya, Kamis, 25 April 2024.

Keraton Kacirebonan merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kota udang. Sehingga kampung wisata seni di kawasan keraton bersejarah itu, akan menambah pesona dan keistimewaannya. 

Dalam kampung wisata ada sanggar tempat latihan dan pentas tari tradisional. Serta terdapat rumah leluhur atau tempo dulu yang mempunyai arsitektur antik, dan museum area melihat banyak benda seni.

"Bahkan kami menyediakan becak wisata sebagai atraksi sekaligus kendaraan bagi wisatawan keliling kampung wisata," ujar dia.

Seorang wisatawan yang juga anggota komunitas pariwisata dan budaya, Verry Wahyudi merasa gembira tatkala menyambangi kampung wisata seni Kacirebonan.

"Saya lahir dan besar di Cirebon. Sebagai kaum milenial, saya ingin mengetahui seni atau budaya Cirebon. Di kampung wisata, saya menyaksikan tari tradisional, ornamen, suasana lingkungan, tata ruang, alat musik, fotografi, serta lukisan yang memiliki kaitan erat dengan keraton yang menakjubkan," tuturnya. (wan)

 

 

Sumber: