Angka Survei Eti Tetap Tinggi Meski Belum Sosialisasi

Angka Survei Eti Tetap Tinggi Meski Belum Sosialisasi

MASIH DIKENAL. Nama Hj Eti Herawati MAP kembali menempati urutan atas figur paling dikenal dan didukung pada Pilkada Kota Cirebon 2024 berdasarkan hasil Survei Pemilu Rakyat di Kelurahan Drajat, Kesambi, Kota Cirebon, Senin (20/5/2024). FOTO : IST/RAKYAT --

CIREBON - Nama Hj Eti Herawati MAP kembali menempati urutan atas figur paling dikenal dan didukung pada Pilkada Kota Cirebon 2024 berdasarkan hasil Survei Pemilu Rakyat di Kelurahan Drajat, Kesambi, Kota Cirebon, Senin (20/5/2024).

Eti bersaing ketat dengan Effendi Edo SAP MSi. Secara popularitas, Edo meraih angka 21,78%. Sedangkan Eti meraih 17,3%. Dari sisi elektabilitas, Edo memperoleh angka elektabilitas 7,05% kalah tipis dari Eti yang meraih 7,69%.

Ketua Bappilu Partai NasDem Kota Cirebon, M Noupel SH MH menyampaikan apresiasi kepada responden yang masih mengenal dan berpotensi memilih Eti pada Pilkada 2024.

"Kami apresiasi kepada warga di Kelurahan Drajat sudah memilih Ibu Eti dari survei Rakyat Cirebon. Sekali lagi ini adalah sesuatu hal yang sesuai juga dengan yang memang kita sudah melaksanakan survei mandiri," kata Noupel, Selasa (21/5/2025).

Dijelaskan Noupel, angka survei Eti yang tinggi merupakan bukti mantan wakil walikota Cirebon itu masih diharapkan masyarakat memimpin Kota Cirebon. 

Pasalnya, hingga saat ini, Eti maupun relawannya baru melakukan upaya minimal untuk dalam rangka soalisasi sosok Ketua DPD Partai NasDem itu ke masyarakat.

"Walaupun memang Ibu Eti sampai hari ini belum keliling atau melakukan sosialisasi. Memang baru beberapa hari kemarin atau tepatnya Hari Senin sudah ada beberapa banner tapi belum banyak yang dipasang oleh kami untuk Ibu Eti," lanjut Noupel.

Dijelaskannya, NasDem bakal lebih masif turun ke lapangan setelah rekomendasi dari DPP NasDem turun. Sehingga, posisi Eti sebagai kandidat yang diusung NasDem betul-betul kuat.

"Dan untuk sosialisasi berkeliling menyapa warga rencananya akan dilakukan setelah rekomendasi keluar dan tentunya akan lebih fiks lagi kalau kita sudah punya pasangan," katanya.

Namun demikian, meski komunikasi politik terus dilakukan, pihaknya belum menentukan terkait partai mana dan siapa yang menjadi tandem Eti menghadapi Pilkada 2024.

"Sampai hari ini kita masih berkomunikasi dengan sejumlah pihak dan belum memastikan nanti dengan siapa-siapanya," ucapnya.

Namun demikian, konsolidasi internal sudah dilakukan. NasDem Kota Cirebon menggandeng semua lini untuk memaksimalkan upaya meningkatkan populatitas dan elektabilitas Eti.

"Kami sudah konsolidasi dengan pengurus DPD, DPC dan DPRD serta kami menggandeng semua anggota fraksi termasuk caleg terpilih karena beberapa juga ada yang baru juga untuk sama-sama kembali menghidupkan lagi mesin-mesin politik kemarin ketika pencalegan," tambahnya.

Masih kata Noupel, caleg NasDem sudah punya tim untuk dihidupkan kembali untuk bersama mensosialisakan Eti sebagai calon walikota Cirebon.

Sumber: