Bicara di Forum Business Edu Heritage Jakarta-Cirebon, Rokhmin Dahuri Sebut Cirebon Wajib Punya Wisata Bahari

Bicara di Forum Business Edu Heritage Jakarta-Cirebon, Rokhmin Dahuri Sebut Cirebon Wajib Punya Wisata Bahari

Mantan menteri Kelautan dan Perikanan RI, Rokhmin Dahuri saat menjadi pembicara dalam forum Business Edu Heritage Jakarta-Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Bila ingin maju, suatu negara atau daerah, pertumbuhan ekonominya harus di atas 7 persen.

 

Untuk mencapai itu, perlu diciptakan atmosfer pertumbuhan ekonomi berkualitas yang mampu menyerap banyak tenaga kerja.

 

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Guru Besar IPB yang juga tokoh Cirebon, Prof Dr Rokhmin Dahuri saat menjadi pembicara pada forum Business Edu Heritage Jakqrta-Cirebon di Kota Cirebon, kemarin.

 

BACA JUGA:Plafon Masjid Agung Sumber Kabupaten Cirebon Rontok, DKM Sudah Ajukan Perbaikan Senilai Rp 38 Miliar

 

Selain itu, lanjut Rokhmin, pemerintah, harus membangun kolaborasi antar daerah dengan kerja sama yang saling menguntungkan. 

 

"Kembangkan sektor usaha, beri karpet merah ke investor. Mudahkan perizinan, beri jaminan keamanan dan kenyamanan kepada pengusaha," ungkap Rokhmin.

 

Forum Business tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Pemrov Jabar, Pemprov DKI, serta sejumlah raja di nusantara.

 

Dari tuan rumah, Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi juga hadir bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

 

BACA JUGA:KPU Sudah Bentuk KPPS dan PPK untuk PSU

 

Pada forum tersebut, Rokhmin juga mengingatkan kembali pentingnya pengembangan wisata bahari, terutama di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

 

Sebagai daerah yang memiliki potensi kelautan dan perikanan luar biasa, ketiga daerah tersebut wajib memiliki wisata bahari yang bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Namun dalam pengembangan sektor pariwisatanya, lanjut ketua umum Dulur Cirebonan ini, masyarakat harus diajak dan dilibatkan secara aktif.

 

BACA JUGA:Pendidikan Indonesia Menuju Masa Depan yang Lebih Baik melalui Kurikulum Merdeka

 

"Tumbuhkan kesadaran ke masyarakat akan pentingnya membangun sektor pariwisata, termasuk wisata bahari. Kita harus jadi tuan rumah yang baik, ramah dan melayani secara prima. Dengan begitu, wisatawan akan terus berdatangan dan betah," jelas Rokhmin.

 

Cirebon, kata dia, bukan daerah yang tanpa potensi untuk hal pengembangan pariwisata bahari, sehingga ia berani mengatakan, Cirebon wajib memiliki destinasi unggulan di sektor wisata bahari ini.

 

"Tak lupa pentingnya sumber daya manusia yang unggul, terutama anak-anak muda. Dibutuhkan anak-anak muda yang kreatif dan inovatif. Di Wilayah Cirebon, salah satu potensi yang dapat dikembangkan yakni mangrove," kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tersebut. (sep)

Sumber: