Opini Rektor, Urgensi Peningkatan Kompetensi Digital Dosen dan Mahasiswa

Opini Rektor, Urgensi Peningkatan Kompetensi Digital Dosen dan Mahasiswa

--

Gagasan integrasi dalam peningkatan proses pendidikan digital menjadi kunci utama dalam percepatan lingkungan digital di kampus. Kemajuan teknologi telah memungkinkan untuk menggabungkan pendidikan, sains, masyarakat, pemerintah, perdagangan, dan inovasi baik virtual dan fisik, yang telah memfasilitasi pertumbuhan pendidikan digital secara signifikan

UIN Siber dapat mengagendakan program kolaborasi yang efektif meliputi profesor, dosen, tutor, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk memproduksi bidang pengetahuan baru dan pengembangan keterampilan digital yang dibutuhkan untuk perubahan setting penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Sekarang ini, teknologi pendidikan virtual secara kontemporer dapat memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengotomatisasi sebagian besar tugas mereka; meluangkan waktu staf akademik untuk mencari, berkomunikasi, dan bekerja empat mata dengan mahasiswa; menerima umpan balik langsung dari mahasiswa; dan mengelola proses pembelajaran yang lebih efektif.

Teknologi digital yang digunakan pada proses digitalisasi pendidikan akan melibatkan mahasiswa terutama melalui penggunaan teknologi seluler dan internet, memperluas pengetahuan dan keterbatasan informasi mereka.

Program pengembangan kompetensi digital bagi mahasiswa sangat penting untuk pengembangan kemampuan baru yang diperlukan untuk sukses sekarang ini dan masa depan mereka.

Beberapa cara dapat dilakukan pula untuk penggunaan teknologi digital secara efektif, misalnya keterlibatan pencarian program penelitian independen, pemilihan informasi, dan partisipasi dalam kegiatan proyek riset dan PkM, atau lainnya.

Pemanfaatan Sumber Daya Pendidikan Islam Terbuka

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon memiliki salah satu fungsi utama sebagai frontier advokasi dalam menyelenggarakan “open Islamic education resources” (sumber daya pendidikan Islam terbuka, OIER). 

Dalam perkembangannya, sumber daya pendidikan ini  dapat digunakan secara aktif untuk pembelajaran online, misalnya menerapkan berbagai teknik evaluasi dimulai dengan tugas dan tes individu dan diakhiri dengan kursus atau modul komprehensif dengan pengembangan kemampuan yang diperlukan sesuai mata kuliah yang dipelajari.

Pada sisi lain, sumber daya pendidikan ini dimanfaatkan dengan semakin luasnya ketersediaan kursus online. Hal ini seiring juga dengan pengembangan proses pendidikan virtual dan kebermaknaannya dengan menggunakan perangkat lunak sebagai solusi yang memberikan kesempatan untuk membangun kursus pelatihan dari sumber informasi yang tersedia.

Sistem pendidikan virtual ini memungkinkan penerapan sarana teknologi pembelajaran dan sumber informasi tak terbatas secara efektif dalam proses pendidikan.

Pada akhirnya, Kampus Islam Siber ini harus mengembangkan program kursus online dan pembelajaran campuran yang dapat menciptakan lapangan kesempatan pendidikan tanpa batas, dengan fokus pada kebutuhan spesifik setiap orang, terlepas dari tempat tinggalnya, namun sesuai dengan minat dan kemampuannya. 

Hal ini mendorong tiap dosen untuk “mengupgrade” kompetensi dan menyesuaikan dirinya dalam lingkungan pendidikan digital.

Peran Kompetensi Digital Dosen dan Mahasiswa untum Menciptakan Lingkungan Pendidikan Digital

Dalam mewujudkan lingkungan digital, maka tugas pengembangan UIN Siber yang penting adalah meningkatkan kualifikasi dosen untuk kompetensi digital, bukan hanya pada tugas pengembangan mata kuliah, tetapi juga pemanfaatan dan penerapan lingkungan digital dalam proses pendidikan. Ini untuk mengawali perubahan penting dalam mengusung paradigma baru penyelenggaraan perguruan tinggi berbasis teknologi.

Sumber: