Opini Rektor, Urgensi Peningkatan Kompetensi Digital Dosen dan Mahasiswa

Opini Rektor, Urgensi Peningkatan Kompetensi Digital Dosen dan Mahasiswa

--

Dalam konteks transformasi, lingkungan digital mengharuskan dosen untuk memiliki mentalitas dan pandangan dunia yang berbeda – dunia digital, serta menggunakan cara yang lebih progresif dalam bekerja dengan mahasiswa. 

Cara pandang dunia digital ini digunakan untuk mengeksplorasi pikiran dan gagasan inovatif yang mendukung capaian pembelajaran mahasiswa dan terintegrasi dengan sistem pandangan dunia Islam yang memiliki konsep dasar teologi-humanis yang mengedepankan nilai-nilai etis dalam menggunakan teknologi digital.

Perubahan mendasar yang dapat diamati dalam sistem pendidikan dunia saat ini adalah berubahnya peran perguruan tinggi yang tidak hanya menjamin proses pendidikan, tetapi juga menjadi wadah penciptaan inovasi dengan terus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, menggabungkan sumber daya untuk melaksanakan proyek bersama, dan menciptakan platform ilmiah dan pendidikan online. 

Jika demikian, kompetensi digital memerlukan back-up dari sistem nilai keislaman, sekaligus mereproduksi pengetahuan keislaman itu sendiri dalam bentuk baru yang bisa dinamai “multimedia digital keislaman”; suatu komposisi pengetahuan keislaman yang dihasilkan dan dibentuk menjadi media digital untuk bahan ajar pendidikan Islam.

Teknologi digital dalam bentuk peralatan media dapat memfasilitasi komunikasi antar mahasiswa dan membantu mengatur pembelajaran bersama, berkontribusi terhadap pengurangan kesenjangan sosial, akses bebas ke sistem pendidikan terbuka, dan rangkaian informasi global dalam lingkungan pendidikan digital. 

Dengan demikian, penggunaan teknologi digital harus beririsan dengan pengembangan kompetensi digital dosen dan mahasiswa untuk mempercepat terwujudnya lingkungan pendidikan tinggi di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

 

Makkah Al-Mukarramah, 1 Juli 2024

Penulis, Aan Jaelani

Sumber: