Didi Tasidi Resmikan Pendopo Ditas Agung di Kawasan Keramat Talun

Didi Tasidi Resmikan Pendopo Ditas Agung di Kawasan Keramat Talun

PERESMIAN. Calon Jaksa Agung RI, Dr Didi Tasidi SH MH meresmikan Pendopo Ditas di Kawasan Batu Palinggihan Keramat Camandung, Talun Kabupaten Cirebon, Selasa (2/7). FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Ketua Umum Himpunan Advokat Indonesia (HAPI), Dr Didi Tasidi SH MH meresmikan Pendopo Ditas di Kawasan Batu Palinggihan Keramat Camandung, Talun Kabupaten Cirebon, Selasa (2/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kuwu Krandon Warnawan, Ketua DPD LAKI Jawa Barat Khairul Anwar SPdI, Tokoh Budaya P Panji Jaya Prawirakusuma serta praktisi hukum dan budaya. 

Dalam sambutannya, Didi yang didukung masyatakat Cirebon menjadi Jaksa Agung RI ini mengatakan, dibangunnya Pendopo Ditas diharapkan dapat bermanfaat bagi warga sekitar. 

Sebab, Keramat Cimandung merupakan kawasan wisata religi yang banyak dikunjungi peziarah. Adanya Pendopo Ditas dapat digunakan untuk beragam aktivitas. 

"Semoga pendopo ini bermanfaat bagi aktivitas masyarakat sekitar. Karena kalau tempat ini penuh ada yang sampai nggak kebagian tempat," ujar Didi. 

Dijelaskannya, Pendopo Ditas ini sejatinya dibangun dengan luasan yang cukup. Menambah kenyamanan bagi peziarah yang ingin beristirahat atau kegiatan masyarakat sekitar. 

Menurut Didi, kawasan Keramat Cimandung punya potensi sebagai destinasi wisata religi. Hanya saja letaknya yang berada di area perkampungan dan persawahan. 

Didi berharap, pemerintah daerah setempat mengambil inisiatif untuk melakukan pelebaran jalan. Sehingga pengunjung kawasan dapat menggunalan armada besar menuju lokasi.

"Tempatnya indah. Hanya saja jalannya sempit. Saya berhatap ke depan jalannya diperlebar sehingga pengunjungnya banyak. Minimal bus bisa masuk," katanya.

Sementara itu, Sesepuh Kepangeranan Mertasinga Keraton Kasepuhan, P Panji Jaya Prawirakusuma mengapresiasi langkah Didi yang ingin berkontribusi bagi perkembangan budaya dan wisata religi di Cirebon. 

"Kami menyambut baik sekali. Semoga hajatnya Pak Dr Didi bisa terkabul menjadi jaksa agung RI," harap Panji diamini para tamu undangan. (wan)

Sumber: