Perjuangan Transmen Cirebon Tegaskan Jenis Kelamin

Perjuangan Transmen Cirebon Tegaskan Jenis Kelamin

TRANSMEN. Maulana merupakan transmen berusia 31 tahun asal Cirebon yang aktif menulis mengenai isu gender. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

Tak berselang lama, Maulana akhirnya diterima bekerja di salah satu media alternatif basis online di Cirebon. Maulana bekerja sebagai penulis sejak 2016 hingga 2019. Di tempat itu, dia menemukan suasana yang cocok.

Selepas bekerja di media, Maulana fokus merawat ibunya yang terjangkit kanker. Untuk mengisi waktu luang, Maulana ikut kegiatan di SOFI Institute dan membantu menulis buku bunga rampai.

Pada 2020 hingga saat ini, Maulana diterima bekerja di salah satu lembaga non-profit yang bergerak pada isu kesehatan reproduksi hingga advokasi kekerasan seksual.

Maulana berharap, seluruh proses yang dijalaninya berbuah manis. Yakni terkabulnya permohonan penegasan jenis kelamin yang sedang dia upayakan. Sebab, hal itu merupakan titik balik dia menjalani kehidupan baru.

"Harapannya semuanya lancar. Terutama yang permohonan itu karena sangat berpengaruh sekali di kehidupan saya untuk melamar kerja dan bepergian," pungkas Maulana. (wan)

*** Liputan dan produksi ini menjadi bagian dari liputan kolaborasi #AgamaUntukSemua bersama Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK) yang terlaksana atas dukungan Koalisi #RawatHakDasarKita dan Embassy of Canada to Indonesia, in Jakarta.

Sumber: