Tampil Elegan dengan 5 Aksesoris yang Cocok Digunakanan saat Berkebaya

Tampil Elegan dengan 5 Aksesoris yang Cocok Digunakanan saat Berkebaya

Tampil Elegan dengan 5 Aksesoris yang Cocok Digunakanan saat Berkebaya -FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia yang terkenal keindahannya. Kebaya kini diklasifikasikan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda (IHG) atau disebut juga warisan budaya takbenda.

Kebaya telah dikenakan oleh wanita Jawa sejak abad ke-15, dan saat ini hadir dalam berbagai desain dan versi yang lebih canggih yang mencerminkan perkembangan zaman dengan tetap menjaga kualitas dan kepentingannya. 

Memadukan kebaya dengan beragam aksesoris mampu menambah pesonanya. Kamu bisa mulai meneliti beberapa aksesoris berikut untuk menambah daya tarik kebaya Kamu. 

5 aksesoris yang Cocok Digunakanan saat Berkebaya 

1. Bros

Bros merupakan salah satu aksesoris yang paling umum digunakan dengan kebaya. Item ini mungkin memberikan ilusi tampilan yang lebih halus.

Untuk kebaya berwarna netral gunakan bros berwarna perak, sedangkan bros emas cocok untuk kebaya berwarna cerah. Agar terlihat lebih bagus, gunakan bros dengan sentuhan mutiara atau kristal dengan ukuran yang sesuai dengan proporsi tubuh Kamu.

2. Selendang

Pada acara formal, syal biasanya dikenakan bersama kebaya. Syal menyampaikan aspek feminin dan menarik.

Bahan kain yang bisa digunakan sebagai selendang juga bisa disesuaikan dengan keinginan Kamu, seperti bahan yang sama dengan bagian bawah rok, motif batik, atau bahan tekstil tradisional lainnya seperti songket. Syal bisa dijahit langsung ke kebaya, atau bahan tambahan bisa disampirkan di bahu atau dilingkarkan di lipatan siku.

3. Kalung

Memilih kalung yang tepat untuk kebaya akan membuat Kamu tampil lebih manis. Kalung yang lebih besar cocok dipadukan dengan kebaya dengan sedikit payet dan warna netral.

Jika kebaya Kamu penuh payet dengan warna cerah seperti magenta, ungu, atau kuning, Kamu bisa mengenakan kalung yang lebih kecil.

4. Anting

Anting adalah barang yang tidak boleh dipakai dengan buruk dengan pakaian apa pun. Pilih anting yang melengkapi pakaian Kamu, meskipun Kamu mengenakan kebaya.

Kamu bisa memilih anting yang sesuai dengan tema kebaya yang Kamu gunakan. Bentuk anting tindiknya dewasa dan feminim, sedangkan anting menjuntai lebih kasual.

5. Hiasan Rambut

Model rambut sanggul dengan tambahan ornamen mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untuk mempercantik penampilan Kamu secara keseluruhan saat mengenakan kebaya.

Jika Kamu sering menghadiri pesta formal, usahakan untuk memilih dekorasi yang melengkapi bros dan aksesoris lainnya agar terlihat lebih serasi. Penampilan Kamu akan jauh lebih menarik!

 

Sumber: