Panwascam Kesambi Ajak Tomas hingga Toga Awasi Pilkada Serentak

Panwascam Kesambi Ajak Tomas hingga Toga Awasi Pilkada Serentak

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah saat memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif di Kecamatan Kesambi, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kesambi mengajak kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda hingga para pembina di Kelurahan se-Kecamatan Kesambi, untuk sama-sama bergerak melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada, sebagai pengawas partisipatif.

 

Hal tersebut sebagaimana menjadi pesan yang disampaikan dalam sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan umum Kecamatan Kesambi, Senin (29/07) malam.

 

Anggota Panwascam Kesambi, Ahmad Djulianto mengungkapkan, melalui sosialisasi ini, pihaknya ingin mengajak para tokoh, baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda hingga para pembina, untuk bersinergi menjalankan proses pengawasan terhadap semua tahapan Pilkada serentak 2024.

 

BACA JUGA:30 Mahasiswa Buat Project Robotika di CRC-UMC

 

"Kita ingin tokoh masyarakat, bersinergi dengan kami di Panwascam sebagai pengawas partisipatif," ungkap Ahmad.

 

Personel pengawas di Panwascam Kesambi, lanjut Ahmad, sangat terbatas, sehingga dengan luasan dan jumlah DPT yang ada di Kecamatan Kesambi, personel yang ada tidak akan bisa berjalan sendiri, tanpa partisipasi masyarakat.

 

"Karena Panwascam tidak mungkin bisa bergerak sendiri mengawasi Pilkada di Kecamatan Kesambi, maka mari sama-sama kita awasi seluruh tahapan Pilkada ini," kata Ahmad.

 

BACA JUGA:Yadi Wikarsa Klaim Dapat Dukungan Habib Luthfi

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah menegaskan, bahwa para tokoh di masyarakat, merupakan agen-agen informasi yang menjadi komponen penting dalam proses pengawasan Pemilu.

 

Maka, para tokoh ini, harus menjadi mitra strategis bagi Bawaslu, untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak.

 

"Para tokoh ini, merupakan komponen penting yang akan menjadi mitra strategis Bawaslu dalam mensukseskan Pilkada serentak di Kota Cirebon," ungkap Devi.

 

BACA JUGA:Kemenaker Terima Laporan Banyak Tenaga Kerja di Cirebon Masih Dibawah Umur

 

Maka dari itu, melalui sosialisasi ini, Devi mengharapkan, informasi-informasi yang didapat, bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar kedepan, bukan hanya Bawaslu yang mengawasi Pemilu, melainkan seluruh masyarakat juga bisa ikut mengawal, agar Pemilu, dalam hal ini Pilkada, bisa terselenggara dengan baik.

 

"Pulang dari sini, kami harap, sampaikan pesan kepada komunitas terkecil, ajak untuk menjadi mitra kami dalam pengawasan Pemilu," kata Devi. (sep)

Sumber: