6 Fakta Menarik Pendidikan Jepang, Salah Satu Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia!

6 Fakta Menarik Pendidikan Jepang, Salah Satu Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia!

6 Fakta Menarik Pendidikan Jepang, Salah Satu Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia!-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Jepang adalah negara maju dengan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Banyak orang mempertanyakan fakta tentang sekolah di Jepang, yang dimulai dengan pengeboman Nagasaki dan Hiroshima.

Ledakan itu merenggut banyak nyawa dan menghancurkan sekolah serta universitas. Meskipun demikian, Jepang mampu membangun reputasi internasional untuk pendidikan.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang sistem sekolah di Negeri Sakura yang harus Anda ketahui. Simak!

6 fakta menarik Pendidikan Jepang

1. Menghapus Fokus Pelajaran Tertentu

Setelah serangan itu, pemerintah bergerak untuk menghapus mata pelajaran yang berhubungan dengan militer dari sekolah dan fokus pada tujuan damai. Selain itu, Kementerian Pendidikan menyelenggarakan program khusus untuk para guru. Tujuannya adalah agar para pendidik memahami sistem pendidikan yang akan diadopsi di Jepang.

2. Ada Pendidikan Luar Sekolah

Fakta menarik pendidikan Jepang selanjutnya adalah bahwa individu dididik di luar sekolah untuk meningkatkan pemahaman dan moral mereka.

Orang dewasa dan pekerja yang tidak bersekolah dapat memperoleh informasi tambahan dengan menggunakan fasilitas umum yang disediakan pemerintah. Dari museum hingga perpustakaan umum.

3. Siswa Diajarkan Pekerjaan Domestik

Menurut Beautynesia, pemerintah Jepang telah menginstruksikan murid-murid sejak taman kanak-kanak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel dan membersihkan. Setiap hari, sekolah akan memberi murid waktu setengah jam untuk merapikan kelas.

Murid-murid harus membersihkan setiap area sekolah, mulai dari kelas, ruang seni, perpustakaan, tangga, dan sebagainya. Setelah itu, instruktur akan memeriksa kebersihan setiap kelas.

4. Membiasakan Ungkapan Minta Tolong

Kebiasaan satu ini juga perlu kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak di Jepang terbiasa mengungkapkan rasa tolong ketika mereka menginginkan bantuan dari orang lain. Mengatakan "tolong" kepada orang lain menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada mereka.

5. Mengutamakan Konsumsi Air Putih

Seperti yang Anda ketahui, air memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Air dan minuman nonkafein lainnya populer di kalangan konsumen Jepang. Minuman berkafein, seperti kopi, juga dilarang di Jepang karena berbahaya bagi kesehatan.

6. Pergi Sekolah Sendirian

Kebiasaan terakhir yang harus dikembangkan adalah pergi ke sekolah sendiri agar anak-anak terbiasa mandiri. Kebiasaan ini telah ditanamkan pada anak-anak sejak mereka berusia enam tahun, dan di Jepang, ada program sekolah khusus di mana anak-anak yang lebih tua mengantar anak-anak yang lebih muda ke sekolah.

Mengingat fakta-fakta tentang pendidikan di Jepang yang ditunjukkan di atas, tidak mengherankan bahwa Jepang memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia.

 

Sumber: