Perbaikan Jembatan Irigasi di Desa Sumberkidul Disambut Antusias Para Petani

Perbaikan Jembatan Irigasi di Desa Sumberkidul Disambut Antusias Para Petani

Memakai kemeja biru Kuwu Desa Sumberkidul, Kecamatan Babakan Wargono monitoring kegiatan perbaikan jembatan irigasi.-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Perbaikan jembatan irigasi yang sudah berusia ratusan tahun dari masa kolonial Belanda baru saja dilakukan di Desa Sumberkidul, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon.

Jembatan dan saluran irigasi merupakan elemen vital bagi kehidupan di desa ini.

Memelihara keduanya adalah tugas penting untuk memastikan kelancaran transportasi dan irigasi pertanian yang menjadi sumber utama kehidupan masyarakat Cirebon pada Kamis (18/10/2024).

Kuwu Sumberkidul, Wargono, mengungkapkan bahwa kerusakan saluran irigasi bisa berdampak serius bagi para petani dan pendapatan utama di desa.

"Adanya perbaikan jembatan irigasi di desa ini dikarenakan saluran irigasi sangat penting bagi pendapatan utama di desa dan para petani, sehingga jika tidak diperbaiki dan rusak maka bisa mendapatkan dampak buruk," ucapnya.

Di wilayahnya, luas lahan pertanian diperkirakan mencapai lebih dari 40 hektar, dan banyak petani mengeluh akibat kerusakan jembatan irigasi yang menyebabkan kekurangan air dan berpotensi gagal panen.

"Dampak buruk yang dimaksud itu, si petani akan gagal panen karena kekurangan air," tambahnya.

Wargono menambahkan bahwa mereka bersyukur aspirasi para petani kini telah direalisasikan melalui Dana Desa (DD).

Ia berharap perbaikan jembatan irigasi ini dapat meningkatkan hasil panen para petani.

Perbaikan irigasi dilakukan untuk memperlancar dan meningkatkan pasokan air ke lahan pertanian, mengingat manfaatnya dapat mengairi hingga 40 hektar sawah.

Raswi (45), seorang petani di Desa Sumberkidul, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kuwu yang telah memperbaiki jembatan irigasi.

"Terimakasih untuk pak Kuwu sudah memperbaiki jembatan irigasi di desa Sumberkidul ini, sehingga para warga desa dapat menikmati saluran irigasi," ucapnya.

Ia menyatakan bahwa sebelumnya, kerusakan jembatan membuat sulit mengairi sawah. Kini, setelah perbaikan, mereka tidak lagi ragu dalam mengelola pengairan sawah, dan ia yakin hasil panen akan meningkat.

"Sebelumnya sulit mas, untuk masalah pengairan sawah, makanya beruntung banget jika jembatan irigasi ini diperbaiki," pungkasnya. (Her)

Sumber: