Setu Sedong Akan Dipercantik untuk Tarik Wisatawan

Setu Sedong Akan Dipercantik untuk Tarik Wisatawan

AKAN DIPERCANTIK. Setu Sedong akan dipercantik untuk menarik wisatawan. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBONSetu Sedong akan dipercantik dengan wajah baru yang lebih menarik. Menjadi destinasi wisata unggulan yang bisa mendatangkan wisatawan. 

Lokasinya berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Keberadaan Setu Sedong sebetulnya sudah dibingkai pemandangan megah Gunung Ciremai, sehingga menyimpan pesona alam yang menenangkan. 

Setu Sedong pun telah lama menjadi tempat favorit bagi warga sekitar untuk sekadar melepaskan penat atau menikmati sore yang damai.

Kepala Desa Sedong Lor, Supyan Suri menyadari potensi danau ini jauh lebih besar. Pemdes pun sedang mengupayakan pembenahan untuk menambah daya tarik Setu Sedong dan meningkatkan jumlah pengunjung.

"Pembenahan ini merupakan bagian dari program desa kami untuk mengembangkan wisata lokal dan meningkatkan kunjungan wisatawan," ujar Supyan ketika ditemui Rakyat Cirebon, Jumat (18/10).

Rencana ini, kata Supyan, telah disusun dengan matang. Gazebo-gazebo yang menghadap langsung ke danau, tempat bermain anak-anak, serta fasilitas pendukung lainnya seperti area parkir dan tempat makan akan segera dibangun.

Harapannya, kawasan ini akan menjadi tempat yang nyaman dan lengkap bagi keluarga yang ingin menikmati waktu luang mereka. Namun, pembenahan ini bukan hanya sekadar untuk mempercantik wilayah, melainkan juga memiliki dampak ekonomi yang penting bagi desa.

"Ini akan menjadi aset desa yang berharga. Kami berharap dengan adanya pembenahan ini, pendapatan desa bisa meningkat melalui retribusi dari pengunjung," tambah Supyan.

Meski saat ini Setu Sedong belum dikenal luas di luar wilayah Kabupaten Cirebon, namun Supyan optimistis bahwa dengan wajah barunya nanti, danau ini bisa menarik perhatian lebih banyak wisatawan. Tidak hanya dari dalam kabupaten, tapi juga dari luar daerah.

Keindahan pemandangan Gunung Ciremai yang menjadi latar alami bagi danau ini menjadi salah satu daya tarik utama yang akan diunggulkan.

Pengembangan wisata di Setu Sedong ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat desa. Selain menciptakan lapangan kerja baru di sektor pariwisata, proyek ini juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian lokal.

Seperti pedagang kecil, penyedia jasa, hingga masyarakat sekitar dapat merasakan dampak positif dari meningkatnya jumlah wisatawan.

"Dengan adanya kunjungan yang lebih banyak, pedagang lokal bisa lebih berkembang, dan masyarakat bisa merasakan manfaat ekonominya," kata Supyan, penuh harap.

Proses pengajuan bantuan untuk pembangunan telah berjalan, dan realisasi proyek ini diperkirakan akan segera dimulai setelah disetujui. Antusiasme masyarakat Sedong Lor, terutama mereka yang tinggal di sekitar danau, juga tinggi.

Mereka melihat potensi besar untuk kemajuan ekonomi desa sekaligus mempertahankan keindahan alam yang telah lama menjadi bagian dari kehidupan mereka. Dengan persiapan yang matang dan harapan yang besar, Setu Sedong di ambang transformasi.

Danau ini siap membuka lembaran baru dalam dunia pariwisata Kabupaten Cirebon. Keindahan alami yang menyatu dengan sentuhan pembangunan akan menyambut setiap wisatawan yang datang, membawa pengalaman tak terlupakan di tengah sejuknya udara Cirebon dan panorama Gunung Ciremai yang memikat.

"Setu Sedong, yang sebelumnya mungkin hanya dikenal oleh segelintir orang, kedepan siap menjadi destinasi wisata yang memikat banyak hati," pungkasnya. (zen)

Sumber: