Sudah 19.087 Tiket Mudik Lebaran Terjual, Siapkan 24 Kereta Tambahan  

Sudah 19.087 Tiket Mudik Lebaran Terjual, Siapkan 24 Kereta Tambahan  

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - PT KAI sudah menetapkan bahwa masa angkutan Lebaran tahun 2022 ini akan dimulai pada tanggal 22 April, sampai berakhir pada tanggal 13 Mei. Tiket untuk keberangkatan di masa angkutan Lebaran pun sudah mulai dipesan, bahkan langsung diserbu calon penumpang.

Data terkini di PT KAI, kondisi tiket KA untuk keberangkatan masa angkutan lebaran dari wilayah Daop 3 Cirebon, sampai Jumat siang (kemarin, red), sisa tempat duduk untuk KA dari Cirebon ke arah Barat yang meliputi Kota Jakarta dan Bandung tersisa 443.970 tiket.

Sedangkan untuk tiket KA dari Cirebon ke arah Timur, di mana di wilayah Timur ada beberapa kota favorit yang tiketnya diserbu calon penumpang, seperti Surabaya, Jember, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Purwokerto, sampai kemarin tiket tersisa yang bisa dipesan sebanyak 394.974 tiket.

Dari data tersebut, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto menyampaikan bahwa Okupansi, atau tingkat keterisian tempat duduk KA dari Cirebon ke arah Barat rata-rata ada di angka 28 persen, sementara Okupansi tempat duduk KA dari Cirebon ke arah Timur rata-rata mencapai 43 persen.

\"Perjalanan KA menuju Timur memang lebih banyak diminati pada jadwal keberangkatan masa angkutan Lebaran nanti,\" ungkap Suprapto.

Di wilayah Daop 3 sendiri, lanjut Suprapto, jumlah tiket yang sudah terjual untuk masa angkutan Lebaran mencapai 19.087 tiket. Yang menarik, ada tiket yang menjadi favorit masyarakat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Seperti tiket dari Cirebon ke arah Timur pada tanggal 27 april sampai  1 Mei 2022, dengan okupansi rata-rata sudah di atas 93 persen untuk 60 perjalanan KA Jarak jauh yang melintas beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

Sedangkan tiket KA dari Cirebon ke arah Barat pada tanggal 7 sampai  8 Mei 2022, okupansinya rata-rata sudah di atas 94 persen untuk 60 perjalanan KA Jarak jauh yang melintas beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Suprapto, secara bertahap PT KAI juga menyiapkan penambahan jumlah perjalanan yang melintas di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon sebanyak 24 perjalanan KA, dengan total tempat duduk tambahan yang akan tersedia sebanyak 264.832 tiket selama masa angkutan Lebaran 2022.

\"Ini masih masa istimewa, jadi kita belum bisa prediksi berapa pemudik tahun ini yang menggunakan KA. Tapi kami berharap agar masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster agar perjalanan mudiknya jadi aman dan sehat,\" harap Suprapto. (sep)

Sumber: