PT KAI Sambut Bulan Ramadan 1443 H; Ritual Cuci Lokomotif, Hingga Sosialisasi Keselamatan

PT KAI Sambut Bulan Ramadan 1443 H; Ritual Cuci Lokomotif, Hingga Sosialisasi Keselamatan

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Karenanya, berbagai kemeriahan dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci. Tak sedikit juga yang menyambut Ramadhan dengan cara-cara unik. Seperti yang dilakukan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon.

Sebagaiwujud rasa syukur menyambut bulan Ramadan tahun 1443 H, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA), termasuk para member Komunitas Pecinta KA \"Edan Sepur\", melakukan ritual cuci gerbong mesin penarik rangkaian KA, atau disebut Lokomotif, Minggu (27/3).

Ritual cuci lokomotif di Dipo Lokomotif Cirebon, diawali dengan sosialisasi keselamatan di perlintasan Jalan Kartini, Kota Cirebon. Dengan sangat antusias, para pecinta KA bersama para anggota SPKA mencuci lokomotif CC 201 83 31 yang bermotif Livery Vintage. Lokomotif tersebut adalah ikon versi jadul atau heritage.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, motif livery vintage yang melegenda ini sempat menghiasi motif lokomotif. Dan dipasang oleh PT KAI selama 38 tahun, terhitung sejak 1953 hingga 1991.

\"Sebagai peremajaan, motif ini (Livery Vintage, red) kembali diluncurkan pada lokomotif jenis CC 201 83 31 pada tanggal 28 Februari 2021,\" ungkap Suprapto.

Kegiatan menyambut Ramadan dengan melaksanakan pencucian lokomotif bermotif legendaris ini, lanjut Suprapto, bukan agenda rutin setiap menjelang Ramadan, bahkan baru kali ini dilakukan.

\"Baru kali ini, buat ikut meramaikan saja,\" lanjutnya.

Namun demikian, sambungnya, nilai filosofis dari ritual cuci lokomotif kemarin, mengandung harapan lokomotif yang menjadi mesin utama penarik rangkaian KA bisa terus melayani penumpang dengan maksimal.

\"Semoga perjalanan KA dalam melayani masyarakat selalu diberkahi dalam keselamatan selalu,\" harap Suprapto.

Sebagai penutup rangkaian acara semarak menyambut Bulan Ramadan 1443 H ini, sambungnya, diadakan santunan kepada anak yatim dan doa bersama, agar pada Bulan Ramadan tahun ini, bisa memberikan keberkahan bagi semua.

\"Kita berdoa agar bangsa Indonesia bisa segera mengatasi persoalan pandemi Covid-19. Dan transportasi perkeretaapian selalu diberikan keselamatan serta kelancaran selalu. Semoga kita selalu mendapatkan keberkahan,\" imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum SPKA, Edi Suryanto menambahkan, selain menjadi wujud rasa syukur dalam menyambut bulan suci Ramadhan, pihaknya kembali turun ke jalan memberikan sosialisasi keselamatan untuk kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya budaya disiplin berlalu lintas, terutama di wilayah perlintasan KA.

\"Hari ini, SPKA bersama jajaran managemen KAI Daop 3 Cirebon, serta komunitas pecinta KA, melakukan aksi simpatik di perlintasan Jalan Kartini. Semoga dengan kegiatan simpatik tersebut, dapat menggugah masyarakat agar selalu mematuhi rambu lalu lintas ketika melintas di perlintasan sebidang,\" terangnya.

Sosialisasi keselamatan di perlintasan KA ini, sangat perlu dan harus terus dilakukan. Mengingat, angka kecelakaan lalu lintas di perintasan masih banyak terjadi.

Sumber: