Wakil Ketua DPRD Beri Catatan Pidato Walikota, Soal Pelayanan Publik Hingga Efisiensi

Wakil Ketua DPRD Beri Catatan Pidato Walikota, Soal Pelayanan Publik Hingga Efisiensi

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitrah Malik (kanan). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Walikota dan Wakil Walikota Cirebon periode 2025-2030, Effendi Edo dan Siti Farida Rosmawati sudah melakukan sertijab dengan Pj Walikota.

Effendi Edo dan Siti Farida pun sudah resmi diumumkan dalam forum rapat Paripurna DPRD, dimana dalam Paripurna, Edo menyampaikan pidato perdana sekaligus memaparkan visi misi Setara untuk Kota Cirebon lima tahun kedepan.

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitrah Malik SH menanggapi pidato perdana Walikota dalam forum Paripurna kemarin.

BACA JUGA:BRI Kembali Gelar Program Desa BRILian 2025, Wujud Nyata Dukung Asta Cita Pemerintah

Fitrah mengapresiasi pidato pertama Walikota Cirebon, yang mengajak kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama membangun Kota Cirebon kedepan.

Namun, disebutkan Fitrah, ia memberikan beberapa catatan terhadap visi misi yang disampaikan oleh Walikota Cirebon dalam pidatonya kemarin.

"Kita mendukung visi misi yang diusung pak Wali dan ibu Wakil, namun ada beberapa cacatan yang perlu disampaikan," ungkap Fitrah.

BACA JUGA:Kondisi Jalan Rusak di Kota Cirebon Dikeluhkan, DPUTR Kota Cirebon Berencana Perbaiki 15 Ruas Jalan

Pertama, Fitrah memberikan catatan agar Pemkot Cirebon dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang dimaksud dengan kesetaraan pelayanan publik.

Dijelaskan Fitrah, pelayanan publik merupakan salah satu tolak ukur pembangunan sebuah daerah, sehingga pelayanan publik yang prima akan mencerminkan efektivitas dan efisiensi pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Maka, menurut Fitrah, dalam hal ini, Pemkot harus dapat menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dengan mewujudkan penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), meningkatkan kompetensi dan profesionalisme aparatur pemerintah serta menyusun dan menerapkan standar pelayanan publik yang jelas. 

BACA JUGA:Tarawih Perdana Walikota Cirebon Effendi Edo di Kota Cirebon, Berencana Keliling Selama Ramadan

Kemudian, disebutkan Fitrah, penilaian suksesnya pembangunan di suatu daerah tidak hanya dapat dilihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana, melainkan juga dari sistem pelayanan publik yang efektif dan efisien.

"Pelayanan publik yang baik menunjukkan bahwa pemerintah hadir dan responsif terhadap kebutuhan warganya, sehingga menciptakan ketentraman dan kepuasan masyarakat," sebut Fitrah.

Sumber: