IAIN-PWI Cirebon Bangun Kerja Sama Pelatihan Jurnalistik

IAIN-PWI Cirebon Bangun Kerja Sama Pelatihan Jurnalistik

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon berkunjung ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senin (21/3). Pada pertemuan di ruang senat itu, PWI Cirebon mengajukan tiga poin kerja sama yang nantinya bakal termaktub dalam bentuk kesepakatan bersama.

Ketua PWI Cirebon, M Alif Santosa SH mengatakan, poin kerja sama yang diajukan dinilai selaras dengan profil IAIN Cirebon saat ini, sebagai salah satu perguruan tinggi besar di wilayah Cirebon. Keterlibatan IAIN Cirebon, bisa sebagai lembaga maupun mahasiswa sebagai komunitas.

“Pertama, PWI Cirebon akan menjadi fasilitator untuk diskusi-diskusi publik yang akan melibatkan mahasiswa, akademisi, profesional, serta seluruh kalangan. Tentunya dengan tema besar yang nantinya akan kita angkat dalam diskusi tersebut,” ujar Alif.

Kedua, lanjut Alif, kerja sama terkait pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa. Alif menilai, cukup banyak mahasiswa IAIN Cirebon tertarik pada aktivitas jurnalistik. Baik hanya sekadar ingin tahu ilmunya, pun melakoni peran sebagai jurnalis.

“Pelatihan jurnalistik ini adalah bentuk tanggung jawab kita di era disrupsi informasi. Karena arus informasi begitu banjir. Mana yang benar dan mana yang hoaks begitu samar. Maka PWI memiliki tanggung jawab untuk melakukan edukasi melalui pelatihan jurnalistik tersebut,” tambah Alif.

Ketiga, sambung dia, ialah kerja sama keilmuan. Yakni memfasilitasi wartawan yang tergabung dalam PWI Cirebon sebagai tenaga pengajar di IAIN Cirebon. Hal ini selaras dengan adanya jurusan Komunikasi dan Bahasa Indonesia hingga organisasi mahasiswa di bidang pers di IAIN Cirebon.

“Kami sedang berupaya untuk menjadikan wartawan sebagai dosen tamu sesuai kapasitas ilmunya masing-masing. Kami ingin memberdayakan wartawan karena selama ini, wartawan hanya menyalurkan kemampuannya melalui tulisan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Ilman Nafi’a mengatakan, IAIN Cirebon saat ini sedang gencar mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk juga PWI Cirebon.

“Ini juga dalam rangka mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu di bidang penelitian, pendidikan dan juga pengabdian masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, hubungan kerja sama dengan berbagai pihak ini juga dalam rangka mendukung Kampus Merdeka.

“Mahasiswa kita akan belajar di mana saja. Dan itu butuh kerja sama dengan seluruh pihak. Nantinya kerja sama dengan PWI Cirebon ini akan kita tuangkan dalam draft MoU,\" imbuhnya. (wan)

Sumber: