Pembangunan Kawasan Desa Digital untuk Wujudkan Pemberdayaan BUMDES

Pembangunan Kawasan Desa Digital untuk Wujudkan Pemberdayaan BUMDES

RAKYATCIREBON.ID - Selama 2 hari Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, serta Jabar Digital Service menggelar kegiatan dalam rangka pembangunan Kawasan Desa Digital di di Jawa Barat, termasuk kegiatan yang hari ini dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Untuk Tahun 2022 ini ada sekitar 100 desa sasaran program dimaksud yang diharapkan kedepan akan menambah kiprah positif Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) berkembang.

Kegiatan mulai hari Kamis, 10 sampai dengan hari Jumat, 11 Maret 2022 bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan dan di Ruang rapat Purbawisesa Setda Kabupaten Kuningan. Kegiatan tersebut secara umum merupakan mengimplementasikan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam upaya mewujudkan Visi Jawa Barat Sebagai Provinsi Digital.

Untuk hari pertama Kamis (10/3) merupakan sosialisasi kepada desa-desa penerima program Kawasan Desa Digital Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, bertempat di Aula Diskominfo. Salah satu kriteria penerima adalah desa tersebut merupakan desa blank spot. Terdapat 4 desa penerima program Kawasan Desa Digital untuk tahun ini. Antara lain Desa Kutawaringin dan Desa Bagawat Kecamatan Selajambe serta Desa Situgede dan Desa Gunungaci Kecamatan Subang.

Sementara untuk hari kedua, pada Jumat (11/3) bertempat di Ruang rmRapat Purbawisesa Setda Kabupaten Kuningan, kegiatan yang dilaksanakan adalah Literasi Digital dan Evaluasi Program Kawasan Desa Digital Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Desa-desa tersebut antara lain, Desa Cisantana, Desa Puncak dan Desa Gunungkeling Kecamatan Cigugur, Desa Sukamaju, Desa Cibingbin dan Desa Sukaharja Kecamatan Cibingbin serta Desa Padabeunghar dan Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr Wahyu Hidayah MSi mengapresiasi kegiatan tersebut serta menyampaikan bahwa program desa digital merupakan terobosan cerdas dalam rangka membangun ekonomi masyarakat yang lebih maju dalam digitalisasi.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini tentu sangat bermanfaat untuk warga masyarakat dan pemerintah desa. Selain untuk mendorong pemberdayaan bumdes/bumdesma dalam kegiatan bisnis teknologi informasi dan komunikasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet. Sehingga akan terjadi pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi,” jelasnya.

Selain itu, evaluasi dan pelatihan yang dilaksanakan hari ini, dapat menjadi media pembelajaran, termasuk teknik pemasaran usaha online.

Wahyu menambahkan, kerjasama yang telah dibangun ini tentu patut diapresiasi. Untuk itu atas nama Pemkab Kuningan, pihaknya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya. \"Semoga dengan adanya program ini, pemerintah desa dan masyarakatnya akan lebih mengembangkan potensi desanya masing-masing. Mari kita bersama-sama untuk terus membangun desa sehingga lebih maju dalam digitalisasi,” sebut dia.

Sementara, Kepala Bidang E-Government Diskominfo Provinsi Jawa Barat Dian Istanti, SSos MAP menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah bekal di desa, khususnya untuk bumdes/bumdesma terkait dengan kawasan desa digital.

“Semoga melalui program ini akan terus menciptakan desa yang maju dan mandiri secara digital, sehingga ekonomi desa akan lebih meningkat,” ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala UPTD Pusat Layanan Digital, Data dan Informasi Geospasial (PLDDIG) Gumilar ST MT, Penyusun Bahan Kebijakan DMPD Provinsi Jawa Barat Dhia Khalia Rinjany, Perwakilan Lintas Artha Kang Hadi dan para Kabid Diskominfo Kabupaten Kuningan.(ale)

Sumber: