Kadin Kota Cirebon Jajaki Kerjasama dengan PLN UP3 Cirebon

Kadin Kota Cirebon Jajaki Kerjasama dengan PLN UP3 Cirebon

PLN Siap Pasok Listrik dan Internet ke Kadin

KYATCIREBON.ID, - CIREBON - Listrik dan internet pada era saat ini menjadi kebutuhan tak tergantikan di masyarakat. Untuk itu, perluasan jaringan listrik dan internet terus diupayakan PLN UP3 Cirebon agar manfaatnya makin dirasakan masyarakat luas.

Guna mewujudkan itu semua, membangun sinergi antar instansi juga dilakukan PLN UP3 Cirebon. Salah satunya dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Hal itu mencuat pada pertemuan PLN UP3 Cirebon dan Kadin Kota Cirebon, Kamis (10/3) di Kantor Kadin.

Apalagi, Kadin Kota Cirebon juga sedang aktif membangun relasi di semua lini baik dengan Pemda, lembaga negera non pemerintah, BUMN, BMUD, perbankan, perguruan tinggi maupun UMKM. Pertemuan PLN UP3 Cirebon dan Kadin Kota Cirebon pun merupakan inisiatif Kadin sebagai kelanjutan upaya membangun jejaring di dunia usaha.

Manager Bagian Pemasaran PLN UP3 Cirebon, Taufan PH menjelaskan, selain memasok listrik, melalui anak perusahaannya, ICON +, PLN juga menyediakan layanan broadband internet.

\"Internet dan listrik menjadi hal utama. Tanpa listrik tentu aktivitas operasi, produksi akan terhambat. Dan internet pun sama. Segala sesuatu butuh internet atau internet of thing (IoT),\" ujar Taufan.

Dia menjelaskan, Kadin sebagai perkumpulan organisasi dan perorangan pelaku usaha dinilai sebagai salah satu mitra strategis PLN dalam memperluas layanan baik kelistrikan maupuan jaringan internet.

\"Makanya silaturahmi dengan Kadin harapannya anggota Kadin di Cirebon bisa merasakan hal yang sama di bidang listrik dan internet,\" tambah Taufan.

Sementara itu, General Manager ICON+ Regional Jawa Bagian Barat, Katriani Kartika mengulas, ICON+ bukan anak baru di bidang information and communication technologies (ICT). Perusahaan ini memulai kegiatan komersialnya pada tahun 2001.

Awalnya, pendirian ICON+ difokuskan untuk melayani kebutuhan perusahaan induk terhadap jaringan telekomunikasi. Namun, seiring dengan kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi ICON+ mengembangkan usaha dengan menyalurkan jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PT PLN (Persero).

Saat ini, ICON+ sudah memiliki 10 regional. Salah satunya Jawa Bagian Barat dengan cakupan area cukup luas. \"Kami sangat berharap kolaborasi ini bisa terjadi karena kami anak perusahaan PLN di bidang ICT, kolaborasi bisa dalam bentuk layanan internet dan kelistrikan untuk jasa konstruksi developer atau perumahan,\" ujar perempuan yang akrab disapa Katrin ini.

Produk ICON+ yakni ICONNET sudah dinikmati hampir 7.000 pelanggan di Regional Jawa Bagian Barat. Dimana didominasi segmen ritel. \"Kami juga sedang melebarkan sayap di wilayah Cirebon, Kuningan juga di Indramayu untuk segmen ritel,\" jelas Katrin.

ICONNET merupakan jaringan Fiber Optic menggunakan teknologi terkini sehingga dapat melayani Internet dan TV seamless pada kabel fiber optic yang sama tanpa menurunkan kecepatan dan kualitas.

Di lain pihak, Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari menjelaskan penjajakan kerja sama dengan PLN dan ICON+ merupakan langkah Kadin menggeliatkan ekonomi di wilayah Cirebon. Pasalnya, baik Kadin maupun PLN sama-sama memiliki peluang untuk dikerjasamakan.

Sumber: