Ombudsman RI Dorong PLN Maksimalkan Pelayanan di Masa Pandemi

Ombudsman RI Dorong PLN Maksimalkan Pelayanan di Masa Pandemi

RAKYATCIREBON.ID - Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan pelanggan pada masa pandemi, PLN Wilayah Cirebon bersama dengan DPD KNPI Kabupaten Cirebon melangsungkan diskusi publik dengan mengangkat tema \'Perspektif Public Service PLN Mobile Dan Penanganan Pelanggan PLN Di Masa Pandemi\' Sabtu (26/02) akhir pekan lalu.

Pada diskusi tersebut, anggota Ombudsman RI, Hery Susanto turut hadir sebagai keynote speaker, dan dalam penyampaiannya, Hery mendorong agar PLN memperluas segmentasi pengguna PLN mobile kepada masyarakat guna perbaikan pelayanan publik di sektor kelistrikan, khususnya di wilayah Cirebon.

\"PLN merupakan BUMN yang melayani hajat hidup orang banyak terkait pengelolaan kelistrikan, PLN harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama dengan inovasi pelayanan publik melalui PLN mobile. Saat ini lebih kurang se-Indonesia baru sekitar 15 hingga 20 persen pelanggan yang sudah akses PLN mobile,\" kata Hery.

Pelayanan terhadap gangguan listrik yang dialami pelanggan, lanjut Hery, terlebih saat pandemi, harus dimaksimalkan.

Bahkan, kata dia, PLN sebagai sektor kritikal harus turun tangan secara langsung dalam pelayanannya ke rumah-rumah pelanggan.

\"Infonya ribuan pekerja PLN yang turun ke lapangan terkena Covid-19, bahkan ada ratusan juga yang meninggal dunia akibat Covid-19 selama ini. Kita prihatin dengan kondisi ini, saya juga mengapresiasi pelayanan yang sudah dilakukan PLN di masa pandemi ini,\" kata Hery.

Ditambahkan Hery, mekanisme Respons Cepat Ombudsman (RCO) untuk sektor kelistrikan juga termasuk sektor kritikal, sehingga jika ada gangguan pelayanan publik, khususnya di sektor kelistrikan, maupun sektor kritikal lainnya, seperti.BPJS, jalan rusak yang rawan kecelakaan dan makan korban jiwa, bansos dan lainnya hal itu bisa dilaporkan melalui kanal RCO via WhatsApp 08119063737.

Sementara itu, Manager PLN Cirebon, Ronny Afrianto menyampaikan, untuk meningkatkan pelayanan publik di masa pandemi, PLN saalahsatunya sudah merilis aplikasi PLN Mobile, dan aplikasi tersebut berisi kanal-kanal layanan utama yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan.

\"Aplikasinya terdapat fitur pelayanan mulai dari informasi pembayaran dan historis pemakaian listrik, pelayanan gangguan listrik dan penyelesaian pelayannya termonitor sampai selesai dan masih banyak lagi fitur layanan dan pengaduan lainnya dari PLN mobile yang bisa dimanfaatkan sebagai bentuk pelayanan prima dari PLN kepada masyarakat,\" kata Ronny.

Ditempat yang sama, Dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) yang turut menjadi pembicara, Aip Syarifudin menambahkan, inovasi pelayanan yang dilakukan PLN melalui PLN mobile sangat bagus bagi masyarakat.

Namun demikian, kemajuan teknologi akan terus terjadi, dan dalam hal pelayanan, PLN pun dituntut untuk bisa menyesuaikan diri.

\"PLN harus terus berinovasi untuk bisa menyentuh seluruh unsur lapisan masyarakat, dan dapat menyerap pengaduan masyarakat dengan respon cepat, terutama menyangkut pelayanan dan kebijakan terkait kelistrikan, ini harus terinformasikan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat agar kualitas pelayanan PLN semakin baik kedepannya,\" imbuh Aip. (sep)

Sumber: