Survei Sandi Paling Tinggi, untuk Gubernur DKI Jakarta

Survei Sandi Paling Tinggi, untuk Gubernur DKI Jakarta

RAKYATCIREBON.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperoleh dukungan paling banyak sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dikakukan oleh lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center dengan tema dinamika politik di DKI Jakarta.

Pengambilan data survei ini melalui wawancara tatap muka terhadap 600 responden, dengan margin of error (MoE) kurang lebih 4,00 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Salah satu pertanyaan yang disodorkan adalah terkait dukungan terhadap 22 tokoh untuk menjadi gubernur DKI Jakarta mendatang.

“Ketika nama masing-masing tokoh ditanyakan satu per satu kepada responden, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi tokoh yang paling banyak mendapatkan dukungan sebagai gubernur dengan 77,5 persen,” ucap Peneliti Populi Rafli Pamenang, dikutip Kamis (10/2).

Dukungan selanjutnya diperoleh Anies Baswedan 77,3 persen, dan Ridwan Kamil 65,7 persen. Adapun nama lain mendapatkan dukungan di bawah 60 persen.

Pada pertanyaan lainnya terkait elektabilitas 10 tokoh tanpa sosok Sandiaga Salahuddin Uno di dalamnya, Anies Baswedan menjadi tokoh yang paling diharapkan untuk menjadi gubernur DKI Tahun 2024 dengan 50,3 persen, disusul Tri Rismaharini 20,2 persen. Kemudian Agus Triharimurti Yudhohono 11,7 persen. Lalu nama lain mendapatkan dukungan di bawah 4 persen.

“Pertanyaan tertutup simulasi elektabilitas 7 tokoh tanpa sosok Anies Baswedan, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi tokoh yang paling diharapkan untuk menjadi Gubernur DKI Tahun 2024 dengan 44 persen,” ujar Rafli. (ing)

Sumber: