Tawarkan UISSI, IAIN Cirebon Goda Siswa Kelas XII Daftar jadi Mahasiswa

Tawarkan UISSI, IAIN Cirebon Goda Siswa Kelas XII Daftar jadi Mahasiswa

RAKYATCIREBON.ID - Ratusan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Bekasi berkunjung ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (2/2). Kunjungan tersebut dalam rangka program Go to Campus sebagai bentuk pengenalan perguruan tinggi bagi siswa yang akan lulus.

Kedatangan rombongan siswa MAN 2 Kabupaten Bekasi ini disambut langsung oleh Wakil Rektor (Warek) I IAIN Cirebon, Dr H Saefudin Zuhri MAg di aula pascasarjana kampus setempat. Sekaligus menjadi narasumber utama pengenalan IAIN Cirebon pada para siswa tersebut.

Dalam pemaparannya, Saefudin mengulas profil IAIN Cirebon sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang bestatus negeri. Sehingga terbukto mampu melahirkan lulusan kompeten di bidang masing-masing.

Lebih lagi, saat ini IAIN Cirebon juga sedang berproses menjadi perguruan tinggi bertaraf universitas yakni Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI). Tentu bakal meningkatkan daya saing dan citra kampus, mahasiswa serta alumninya.

Menurut Saefudin, peralihan IAIN Cirebon menjadi UISSI pun bakal menjadi ikon baru PTKI ala Kementerian Agama. “UISSI ini adalah kampus siber satu-satunya di Indonesia, bahkan mungkin di dunia,” ujar Saefudin.

Saefudin menilai, tak salah jika lulusan MAN 2 Kabupaten Bekasi melanjutkan studinya di IAIN Cirebon. Ada banyak jurusan yang dipilih melalui berbagai jalur masuk. Pun dengan banyaknya jenis beasiswa yang bisa diraih.

“Diharapkan ada orang dari Bekasi yang berkuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, bukan hanya S1-nya, tapi juga bisa melanjutkan ke program magister maupun doktoralnya dan mereka juga bisa menjadi dosen di kampus ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Saefudin juga menggelar sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahun 2022.

Siswa-siswi MAN 2 Kabupaten Bekasi dipaparkan cara mendaftar SPAN-UM PTKIN dan dijelaskan jurusan, fakultas, dan fasilitas perkuliahan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“SPAN-UM PTKIN dibuka dari tanggal 8 Februari 2022. Selain itu, untuk pendaftaran di IAIN Syekh Nurjati Cirebo juga nanti ada UM-PTKIN, dan Ujian Mandiri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kabupaten Bekasi, Nina Indriyana MPd menjelaskan, kedatangan rombongan siswa ke IAIN Cirebon diharapkan menggugah minat siswa lanjut studi ke perguruan tinggi. Hingga saat ini, sudah ada 15 lulusan MAN 2 Kabupaten Bekasi yang kuliah di IAIN Cirebon.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenal kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, karena alumni dari kita (MAN 2 Kabupaten Bekasi) ada 15 orang yang berkuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” kata Nina.

Lebih lagi antara Bekasi dan Cirebkn tak terlalu jauh. Bisa ditempu dengan berbagai moda transportasi. Yang lebih utama, Cirebon pun sudah dikenal sebagai destinasi pendidikan di Jawa Barat.

“Kita tahu Cirebon ini bukan hanya menjadi destinasi studi, tapi juga destinasi spiritual. Karena Cirebon memiliki energi dalam perkembangan penyebaran Islam di Jawa Barat,” pungkasnya. (wan)

Sumber: