Lolos Skuad Garuda, Daffa Kiper asal Majalengka Siap Berangkat ke Inggris

Lolos Skuad Garuda, Daffa Kiper asal Majalengka Siap Berangkat ke Inggris

RAKYATCIREBON.ID – Daffa Fasya Sumawijaya (17) jebolan Sepak Bola (SSB) Asag-Biha, Kabupaten Majalengka akhirnya mendapat posisi Kiper Borneo FC, kini sukses menembus Skuad Garuda Select 4.

Dia berangkat ke Inggris untuk mengikuti program pembinaan pemain sepak bola bersama klub-klub sepak bola papan atas di Eropa.

Daffa Fasya sejak usia dini merupakan anak didik dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Asag-Biha yang latihannya di Lapangan Sepak Bola Simpur, Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan Majalengka.

Sebuah SSB yang ada di pinggiran kota Majalengka. Namun sekolah bola ini cukup diminati karena banyak jebolannya yang menjadi pesepak bola profesional.

Seperti halnya Daffa sudah memiliki cita cita ingin menjadi pemain sepak bola profesional. Ia berada di bawah asuhan Agus Budi Santoso atau dikenal dengan panggilan Babeh Agus.“Sejak kecil bakat bakat Daffa sudah terlihat bagus,” kata Agus.

Menurutnya, beranjak dari SSB Asag-Biha daffa Fasya sempat bergabung di skuad Timnas Pelajar U-15 dan tampil di Kemenpora International Football Championship U-15 tahun 2019. Karirnya terus bersinar saat dia bergabung di Klub Borneo FC junior, bahkan dia pernah berlatih bersama tim senior.

Borneo FC boleh dikatakan sebagai tim yang memiliki pembinaan kiper terbaik. Salah satunya adalah Daffa Fasya Sumawijaya yang bisa menembus seleksi Garuda Select 4.

Garuda Select sendiri merupakan program pembinaan untuk pemain sepak bola muda Indonesia di Eropa, dikomandoi oleh dua mantan pemain Timnas Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Melihat Posturnya yang cukup menjulang, yakni 184 cm di usianya yang baru menginjak 17 tahun. Maka, jelas saja Dennis Wise terpikat dengan skill Daffa di bawah mistar gawang.

Pemanggilan Daffa Fasya ke skuat Garuda Select 4 pun mendapat sambutan haru dari presiden klub Borneo FC, Nabil Husein. 

\"Panggilan Daffa ke skuat Garuda Select juga menjadi satu kebanggaan besar bagi kami,\" ungkap Nabil Husein melalui situs resmi Borneo FC.

\"Pemain binaan kami bisa menjadi bagian dari pemain yang dipercaya membela Indonesia, serta mendapat kesempatan mengenyam kemampuan ke luar negeri,\" ujar Nabil.

Daffa Fasya sendiri dijadwalkan untuk meninggalkan tim Borneo FC Junior dan memperkuat skuat Garuda Select 4 sejak akhir November 2021 hingga April 2022.

Sementara itu, Manajemen sekaligus pengelola SSB Asag-Biha H Arip Khaidir yang di dampingi Muslih merasa bangga dengan pentolan anak didiknya yang kini masuk Garuda Select 4 dan diberangkatkan ke Inggris untuk berlatih.

Sumber: