Lewat Grup Band Metal, 3 Perempuan Hijab asal Garut Menggebrak Eropa

Lewat Grup Band Metal, 3 Perempuan Hijab asal Garut Menggebrak Eropa

RAKYATCIREBON-ID – Nama kota Garut, Jawa Barat, sedang moncer di tingkat nasional, bahkan internasional. Ini karena grup band wanita berhijab asal Garut, Voice Of  Baceprot (VOB) sedang melakukan tur di delapan kota di Eropa.

Grup band beraliran metal tersebut keliling Eropa sejak 28 November  hingga 10 Desember 2021. Tour mereka  bertajuk \'Fight Dream Believe\' dan menyambangi kota-kota di Belanda, Belgia, Perancis, dan Swiss.

Voice Of Baceprot (VOB) menjadi fenomena unik di skena musik metal dan rock. Personel band metal, Widi Rahmawati, Firdda Kurnia dan Euis Siti Aisyah ini adalah perempuan muda dan selalu mengenakan jilbab. Baceprot dalam bahasa Sunda artinya berisik.

Trio ini pernah mendapat pujian dari personil band rock Rage Against The Machine, Tom Morello. Bahkan Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar meminta Presiden Jokowi agar mengundang VOB untuk tampil di Istana sepulangnya mereka tour Eropa.

Jejaknya di jagad permusikan Indonesia sudah cukup lama. Diawali dari tahun 2014 saat ketiganya barusia 14 tahun. Sama-sama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler  seni, dan akhirnya sama-sama cocok di bidang musik.

“Awalnya tujuh orang, tapi yang empat mundur karena tidak diizinkan oleh orang tuanya, saat itu dianggap aneh anak gadis menggeluti music,” kata Firdda, sang gitaris.  

Di kalangan anak muda, mereka rupanya sudah cukup dikenal, terbukti dengan single mereka \'God Allow Me (please) To Play Music sudah ditonton 1.5 juta kali di youtube.

Melihat skill mereka, dan syair-syair lagu yang dibawakannya, rasanya ada orang-orang hebat di belakang mereka.

Simaklah pesan dalam lagu \'God allow me please to play Music\', dengan polosnya mereka minta izin kepada Tuhan untuk bermain musik. Simaklah sebagian lyric di bawah ini.

I\'m not the criminal

I\'m not the enemy

I just wanna sing a song to show my soul

I\'m not the corruptor

I\'m not the enemy

Sumber: