Tax Center IAIN Cirebon Kedatangan DJP Kanwil Jabar 2

Tax Center IAIN Cirebon Kedatangan DJP Kanwil Jabar 2

RAKYATCIREBON.ID - Sebagai lembaga pendidikan dan kajian yang mendukung kegiatan akademik di bidang perpajakan (baik jenis pajak pusat dan daerah), kepabeanan dan cukai, Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon mendapat dukungan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jabar 2.

Hal itu tercermin pada kunjungan DJP Kanwil Jabar 2 ke Tax Center IAIN Cirebon  dalam rangka menjalin silaturahmi dan menginformasikan tentang peran inklusi pajak, Kamis (18/3).  Perwakilan DJP Kanwil Jabar 2 dipegang  Kepala Bidang P2 Humas Dwi Amiarsih, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kartika Sari,  Pelaksana Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Indry Handayani, Pelaksana Seksi Kerja Sama dan Humas M Bintang Lesmana.

Dalam kesempatan itu, Kartika Sari memaparkan, program inklusi kesadaran pajak merupakan salah satu upaya (DJP) untuk menambah dan meningkatkan kesadaran pajak kepada masyarakat, khususnya calon pembayar/wajib pajak.

Bisa melalui penyisipan materi perpajakan di sekolah-sekolah mulai dari jenjang pendidikan paling rendah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai tingkat Perguruan Tinggi. Agar program inklusi kesadaran pajak ini dapat mencapai tepat sasaran, maka program ini harus disusun secara sistematis, terukur dan masif.

“Tujuan jangka panjang program inklusi kesadaran pajak adalah terbentuknya masyarakat yang memiliki kesadaran dan ketaatan pajak di alam bawah sadar mereka,” kata Kartika Sari.

Dari kunjungan DJP Kanwil Jabar 2 ke Tax Center IAIN Cirebon menghasilkan sejumlah rumusan akan diagendakannya Workshop tentang Inklusi Pajak antara DJP Kanwil Jabar 2 dengan pelaksanaan kegiatan yaitu Tax Center IAIN Cirebon.

Ketua Tax Center IAIN Cirebon, Dr Nining Wahyuningsih SE MM menjelaskan, pajak memegang peran sentral dalam pembangunan. Pungutan biaya pajak digunakan untuk membiayai kebutuhan masyarakat luas. Seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan hingga stimulus ekonomi. Karena itu, upaya untuk memaksimalkan pencapaian pajak pun digetolkan.

Tax Center sebagai lembaga pendidikan dan kajian yang mendukung kegiatan akademik di bidang perpajakan (baik jenis pajak pusat dan daerah), kepabeanan dan cukaipun dilibatkan.

Terkait program kerja sama DJP Kanwil Jabar 2 dengan Tax Center IAIN Cirebon, Nining menegaskan dukungannya. Menurut dia, Tax Center IAIN Cirebon sudah dilengkapi dengan relawan-relawan pajak yang mumpuni. Sehingga mampu menggenjot kesadaran wajib pajak terkait pelaporan pajaknya. (wan)

Sumber: