Kuwu Bakung Kidul: Desa Wisata Jamblang Perlu Dukungan Masyarakat

Kuwu Bakung Kidul: Desa Wisata Jamblang Perlu Dukungan Masyarakat

RAKYATCIREBON.ID-“Mengapa Desa Wisata? Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.  Mengawinkan “Desa” dengan “Pariwisata” yang menghasilkan keturunan bernama “Desa Wisata” di tanah air,” demikian pernyataan Presiden Republik Indonesia, Puncak Sail Selat Karimata 2016, 15 Oktober 2016.

Desa wisata telah menjadi salah satu tren dalam perkembangan pariwisata di Indonesia. Suatu tempat bisa menjadi destinasi wisata karena mempunyai berbagai keunggulan dan keunikan, di antaranya keunikan budaya, seni, adat istiadat, keindahan alam, dan yang lainnya.

Menurut data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dari sejumlah 74.954 desa yang menjadi tanggung jawab Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, sebanyak 1.786 desa berpotensi menjadi desa wisata.

Pemerintah lintas kementerian/lembaga berkomitmen akan segera mendorong desa wisata dan desa digital bisa disinergikan dengan pembangunan nasional. Hal itu agar target pembangunan yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik. 

\"Desa wisata dan desa digital harus bersinergi agar bisa lebih terfokus sesuai dengan target pembangunan,\" kata Abetnego Panca Putra Tarigan selaku Deputi II Kantor Staf Kepresidenan bidang Pembangunan Manusia dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Pengembangan Desa Wisata yang dilaksanakan pada (22/7) di Hotel Aryaduta, Jakarta. 

Sebelumnya, rencana kerja tersebut bertujuan untuk pemulihan ekonomi dan reformasi sosial untuk menghidupkan kembali aktivitas ekonomi dan sosial di desa-desa pasca Covid-19. Dalam upaya pemulihan ekonomi tersebut, sasaran utama akan diprioritaskan untuk dibangkitkan kembali yaitu sektor industri, parawisata, dan investasi. 

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, perbaikan dan pengelolaan destinasi di kawasan perdesaan akan segera dikembangkan. Upaya tersebut akan segera dilakukan untuk menggembangkan parawisata yang berkualitas dan membawa pengaruh positif di daerah perdesaan. 

Menurut Sony Harry B Harmadi selaku Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), jumlah nominasi desa akan diperbaharui dan diintegrasikan antara Desa Wisata dan Desa Digital sebanyak 205 desa. 

Di Kabupaten Cirebon, dalam catatan Rakyat Cirebon, Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat mengatakan Cirebon memiliki potensi yang sangat besar sekali untuk desa-desa wisata, diantaranya adalah Jamblang. “Jamblang ini merupakan kota tua, banyak bangunan tua, dan juga punya kuliner yang khas yakni Sega Jamblang dan juga kerajinan keramik gerabah, serta yang dikenal celengan Jamblang,” ujarnya saat meresmikan Destinasi Wisata Gedoeng Toea Djamblang di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Kamis (27/6/2019).

Senada dengan Sultan Sepuh XIV, Raden Chaidir Susilaningrat mengatakan selain bangunan tua, Jamblang berpotensi sebagai salah satu Kawasan budaya di Kabupaten Cirebon. Banyak potensi budaya yang ada mulai dari wisata kuliner hingga kerajinan. “Potensi wisata heritage dan bangunan-bangunan bersejarah seperti klenteng tertua ada, tepatnya di Desa Sitiwinangun. Selain itu juga di desa ini terdapat wisata kerajinan gerabah,” ungkapnya saat seminar penggalian sejarah Jamblang, Selasa (25/2/2020) di Pendopo Situs Kebagusan.

Desa Sitiwinangun, desa ini berlokasi sekitar 15 kilometer ke arah barat Kota Cirebon. Sebenarnya sudah ratusan tahun kondang sebagai sentra pembuatan gerabah, jauh sebelum Cirebon dikenal dengan batik atau industri rotannya.

Pembuatan gerabah sudah dilakukan warga sejak hanya berbentuk pedukuhan dan dihuni hanya sedikit penduduk pada ratusan tahun lalu, hingga kini yang dihuni sekitar 4.788 jiwa. Namun serbuan barang-barang rumah tangga yang serba plastik pada tahun 90-an, tanpa ampun langsung menggusur popularitas Sitiwinangun.

Wisata gerabah Desa Sitiwinangun kemudian masuk dalam jalur wisata di wilayah Kabupaten Cirebon. Desa ini melengkapi jalur wisata Desa Trusmi dengan batiknya, Desa Ciwaringin batik pewarna alam, dan Desa Tegalwangi dengan kerajinan rotan.

Kepada Rakyat Cirebon, pencetus Ngabolang di Jamblang, pria yang akrab disapa Bambang Jangkrik mengungkapkan bahwa ide gagasan pembentukan desa wisata dilandasi sebagai alternatif peningkatan ekonomi dan masyarakat desa. “Melihat trend sekarang, salah satu potensi yang ada adalah wisata. Secara umum, kita ingin menarik kunjungan wisatawan dari luar desa ke desa kita. Hal ini akan berdampak penambahan nilai ekonomi,” ungkap pria jebolan ITB Angkatan 2004, Jumat (24/7).

Sumber: