Melalui Media Televisi, Alternatif Layanan Pendidikan Agar Tetap Berjalan

Melalui Media Televisi, Alternatif Layanan Pendidikan Agar Tetap Berjalan

RAKYATCIREBON.ID- Ditengah Pandemi yang masih belum selesai bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan pernyataan bahwa pandemi ini tidak akan berakhir dengan cepat. Ketika Presiden RI mencetuskan new normal sebagai sebuah tahapan baru dimulainya kehidupan dimana masyarakat dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 tentunya dengan berbagai aturan protokol kesehatan yang wajib diikuti, maka idealnya adalah bagaimana institusi pendidikan formal seperti sekolah bisa tetap menjalankan fungsinya dengan segala keterbatasan yang ada. Sehingga jikapun keadaan mengharuskan siswa tetap belajar dari rumah, maka payung utamanya harus tetap sekolah

Dapat dipastikan sektor pendidikan akan mengalami perubahan besar. Salah satunya dimana para pendidik harus dapat membuktikan mampu secara cepat beradaptasi dengan lingkungan yang mengharuskan mereka mengajar dan berinteraksi dengan siswa melalui media online. Keterpaksaan akibat Pandemi Covid-19 telah memberikan pengalaman baru bagi guru dalam mengajar melalui media online sebut saja google classroom, zoom cloud, dan beragam aplikasi belajar lainnya secara online. Dinas Pendidikan Kota Cirebon juga menghadirkan program belajar dari rumah melalui media televisi lokal RCTV.

Mendikbud sudah mengeluarkan pernyataan bahwa masing-masing sekolah mulai menyiapkan diri dalam penyelenggaraan pendidikan di era new normal. Masa-masa transisi pembelajaran masih menggunakan metode online. Penerapan physical distancing sebagai faktor utama new normal menjadi tantangan tersendiri bagi di dunia pendidikan, yang biasanya mempertemukan pendidik dengan siswa dalam proses belajar mengajar tatap muka. Karena itu sekolah wajib mencari solusi terkait bagaimana proses belajar mengajar di era new normal bisa tetap dilangsungkan, tanpa mengabaikan peran guru sebagai pengajar. Selain itu, peran penting juga dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang perlu banyak belajar dari negara lain. Hal-hal yang baik bisa diadopsi di Indonesia, atau menciptakan inovasi baru yang bisa disesuaikan dengan kondisi di daerah mengingat demografis dan geografis Indonesia Hambatan-hambatan proses belajar secara online seperti fasilitas teknologi, jaringan internet, kesiapan pendidik dan konten belajar yang baik harus segera dicarikan solusinya.

Bersama Harian Rakyat Cirebon, Minggu (6/9), Kepala Disdik Kota Cirebon, H Irawan Wahyono MPd menjelaskan, ada dua momen strategis yang harus disukseskan di masa pandemi Covid-19, yaitu pelaksanaan PPDB dan tahun ajaran baru 2020. Dimana kegiatan belajar masih menggunakan model pembelajaran jarak jauh (PJJ), mengingat belum ada aturan untuk menyelenggarakan pendidikan secara normal.

Berikut petikan wawancaranya.

Seluruh siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh karena pandemi Covid-19. Banyak hal dilalui oleh siswa, guru dan orang tua. Namun dengan wacana dari pemerintah untuk menjalankan new normal, apakah nanti sekolah akan dibuka kembali saat sudah diterapkan new normal (kenormalan baru)?
Arah kebijakan sekolah dibuka kembali kemungkinan itu ada tapi tidak dalam waktu dekat karena perlu persiapan yang lebih matang

Bagaimana pendidikan di di Kota Cirebon nanti pada masa setelah pandemi?
Setelah masa pandemi, pendidikan berjalan sesuai standar yang digariskan

Ataukah siswa masih akan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau daring?
Jika situasi dan kondisi membaik siswa mengikuti pembelajaran sesuai standar yang digariskan

Apa langkah strategis yang harus dilakukan sekolah pasca pandemi Covid-19?
Langkah strategis yang harus dilakukan sekolah pasca pandemi covid 19 ya secepatnya melakukan penyesuaian-penyesuaian standar yang telah digariskan diantaranya penyesuaian dalam pengembangan kurikulum dan sebagainya.

Akibat pandemi kegiatan belajar mengajar tak memungkinkan untuk digelar tatap muka langsung. Berbagai daerah tampak kebingungan menentukan cara KBM yang cocok dalam situasi seperti ini. Bagaimana tanggapan Anda?
Ya memang belum ada yang cocok tetapi kita tètap mencari alternatif agar layanan pendidikan tetap berjalan.seperti yang sedang berjalan di kota Cirebon Pembelajaran Jarak Jauh dengan siaran langsung melalui TV lokal yaitu RCTV di mana Bapak dan Ibu guru dapat menjalankan tugas pembelajaran melalui itu dan seterusnya. (wb)

Sumber: