Steril, Tamu dan Karyawan IAIN Cirebon Wajib Cek Suhu

Steril, Tamu dan Karyawan IAIN Cirebon Wajib Cek Suhu

RAKYATCIREBON.ID – Antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) IAIN Syekh Nurjati Cirebon berlakukan sterilisasi di seluruh  area kampus. Karyawan, mahasiswa dan tamu yang masuk area kampus wajib cek suhu tubuh.

Kasubbag Umum IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hasyim SE menjelaskan, untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut pihaknya telah melakukan penyemprotan di seluruh gedung dan lingkungan kampus menggunakan cairan disinfektan.

“Cairan tersebut kami bikin sendiri dan penyemprotannya dilakukan secara mandiri oleh pihak kampus di seluruh gedung, ruangan, dan lingkungan kampus. Yaitu di rektorat, fakultas, pascasarjana, dan laboratorium,” ungkapnya, kemarin.

Dia mengungkapkan, kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan secara berkala, yaitu seminggu dua kali. Bahkan, lanjut dia, tidak hanya itu, kendaraan dinas dan kendaraan operasional kampus pun tak luput dari penyemprotan ini.

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

 “Mereka wajib untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer saat berada di kampus,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan masker, namun masih terbatas. Dia mengakui, dalam penyediaan ini pihaknya mengalami kendala. Karena, seperti diketahui, keberadaan masker saat ini tengah langka di pasaran.

Sementara itu, Kasusbag Humas dan Publikasi IAIN Cirebon, H Mohamad Arifin mengungkapkan, saat ini pihak kampus memang tengah melakukan pengetatan prosedur kepada setiap pegawai ataupun tamu yang datang.

Salah satunya dengan mengecek suhu tubuh menggunakan alat sebelum memasuki gedung.

“Saat ini memang sedang diberlakukam WFH (work from home) atau bekerja di rumah bagi pegawai di IAIN Cirebon. Tapi tetap ada tim-tim yang diberi tugas untuk hadir di kampus,” ucapnya.

Arifin menjelaskan, untuk suhu tubuh di atas 37 drajat maka yang bersangkutan tidak diizinkan untuk memasuki lingkungan kampus. Namun, dia mengungkapkan, saat ini belum ditemukan tenaga pendidik, kependidikan, maupun mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang menunjukan tertular Covid-19.

“Alhamdulillah, saat ini belum ada dan mudah-mudahan jangan sampai ada. Jika saat dicek ada yang suhu tubuhnya di atas 37 drajat maka dia tidak boleh masuk. Kemudian kami menyarankan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya ke pihak kesehatan untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” paparnya. (wan)

Sumber: