Baru Dibuka, Ratusan Pencaker Serbu Job Fair

Baru Dibuka, Ratusan  Pencaker Serbu Job Fair

KESAMBI – Hari pertama pameran Lowongan Pekerjaan (Job Fair) 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon di Gedung Korpri, diserbu ratusan pencari kerja.
\"dinas
Disnaker Kota Cirebon gelar Job Fair. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Setelah dibuka, Job Fair yang dilaksanakan selama dua hari tersebut langsung didatangi ratusan pencaker yang didominasi para remaja dari wilayah Kota Cirebon.

Dalam keterangannya saat diwawancarai sejumlah wartawan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon, Ali Syamsu A mengatakanbahwa dalam Job Fair kali ini, pihaknya menggaet 20 perusahaan di kota Cirebon untuk bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

\"Semuanya sesuai rencana, ada 20 perusahaan di Kota Cirebon dari semua bidang kecuali perbankan, banyak yang datang dari luar daerah juga, tapi kita pengennya warga kita lebih diutamakan.\" demikian disampaikan Ali Syamsu.

Dalam Job Fair hari pertama kemarin, Ali melihat antusias para remaja khususnya begitu besar. Pasalnya, sudah menjadi tren bahwa setiap pasca kelulusan sekolah, angka pencari kerja memang selalu meningkat.

Maka dari itu, untuk bisa mewadahi para lulusan yang tidak melanjutkan jenjang pendidikan, Disnaker dikatakan Ali mencoba memfaslitasi untuk bisa memasuki dunia kerja, dan diutamakan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Cirebon.

\"Sudah menjadi tren, pasca kelulusan seperti ini memang selalu meningkat, bahkan setiap hari mencapai 50 orang yang membuat surat kuning. Dengan job fair nin, kita memberikan kesempatan secara langsung kepada mereka untuk mencari pekerjaan,\" lanjut Ali Syamsu.

Untuk memastikan bahwa Job Fair tersebut mampu menekan angka pengangguran di Kota Cirebon, pihak Disnaker akan melakukan monitoring dan juga evaluasi terhadap semua perusahaan yang ikut didalamnya.

Sebelum digelar Job Fair, Disnaker juga melakukan seleksi dan membuat komitmen bersama semua perusahaan, bahwa penyerapan tenaga kerja ini adalah upaya untuk membangun Kota Cirebon.

\"Mereka punya kewajiban, seminggu kemudian harus laporan, kami ingin melihat berapa orang yang dapat diserap. Kami tidak membatasi, tapi kami lihat ada beberapa perusahaan yang sanggup menyediakan 100 kuota pekerja,\" ujar Ali.

Sementara itu, Salahsatu pencari kerja, Lulu mengapresiasi langkah Disnaker melalui Job Fair 2017 tersebut, karena dengan adanya pameran lowongan kerja, merupakan bukti bahwa Pemkot tidak diam dalam menyikapi terus meningkatnya angka penggangguran, terutama dalam waktu-waktu pasca kelulusan.

\"Acara seperti ini memang harus diadakan mas, supaya membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan, tadi saya sempet antre, tapi alhamdulillah bisa ngisi form juga,\" ungkap remaja yang mengaku sudah dua kali mengikuti job fair tersebut. (sep)

Sumber: