Baru Tiga Bulan Perpustakaan Rusak, Tiga Tahun Tak Direhab

Baru Tiga Bulan Perpustakaan Rusak, Tiga Tahun Tak Direhab

CIREBON – Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sigong, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon sudah tiga tahun tidak bisa dipakai. Hal itu dikarenakan sejak tiga bulan diresmikan kontruksi bangunanya sangat tidak layak.
\"perpustakaan
Perpustakaan SDN 4 Sigong menunggu rehab Pemda. Foto: Zezen/Rakyat Cirebon
Kepala Sekolah SDN 4 Sigong,  Eman Sulaiman, saat dikonfirmasi Rakcer mengungkapkan, dengan kondisi tersebut, pihaknya menginginkan agar perpustakaan tersebut diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon, melalui dinas terkait. 

Apalagi, kata dia, sejak sekitar 3 tahun lebih, bangunan perpustakaan tersebut tidak digunakan. “Ingin diperhatikan dengan kondisi seperti ini. Sebelum saya dipindah ke sini juga, bangunan perpustakaan tidak digunakan,” kata dia.

Menurutnya, pihak sekolah sudah mengajukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas terkait untuk dapat memperhatikan perpustakaan tersebut. “Pada 2016 sudah diajukan, tapi belum ada jawaban. Alasanya, belum ada anggaran untuk rehab perpustakaan,” kata dia.

Ia mengungkapkan, bangunan perpustakaan tersebut, merupakan yang pertama. Dan bukan hanya ada di sekolah yang dipimpinnya saja, melainkan di daerah lain. “Bangunan ini merupakan yang pertama, makanya, bukan hanya di sini saja. Melainkan di daerah dan sekolah lain juga sama. Karena mungkin percobaan juga. makanya mungkin ini salah kontruksi bangunannya,” kata dia.

Salah seorang penjaga sekolah, Darsim, membenarkan bangunan perpustakaan tersebut baru dipakai tiga bulan bangunanya sudah rusak. “Karena atap dan lantainya rusak. Jadi khawatir membayakan para siswa, akhirnya sampai sekarang sudah tiga tahun tidak dipakai,” kata dia.

Pantauan wartawan koran ini di lokasi menyebutkan, bangunan perpustakaan SDN 4 Sigong tersebut terlihat dari luar masih utuh dan terlihat berfungsi. Akan tetapi, jika dilihat ke dalam, kondisinya memperihatinkan.

Pasalnya, atap bangunan, lantai dan kursi meja di dalam perpustakaan tersebut, sangat tidak layak. Dengan atap yang sebagian ambruk, lantai yang sebagian juga rusak, dan meja kursi yang sebagian sudah tidak dipakai, membuat perpustakaan tersebut terbengkalai. (zen)

Sumber: