Cadas Gantung Tawarkan Sensasi Petualangan

Cadas Gantung Tawarkan Sensasi Petualangan

MAJALENGKA – Objek wisata (OW) Cadas Gantung Majalengka yang berbatasan dengan desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon menyuguhkan pemandang alam yang cukup menyejukan.
\"objek
OW Cadas Gantung Majalengka. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut sebagian besar untuk menikmati keindahan sunset karena di Cadas Gantung ini akan terlihat jelas dengan background Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang. 

Sehingga saat libur Lebaran kemarin dijadikan tujuan wisata yang menantang. Objek wisata Cadas Gantung mulai dikenal sejak hampir setahun lalu setelah panorama terasiring Panyaweuyan mulai ramai pengunjung. 

Rupanya para fotografer terus menerus mencari potensi wisata, termasuk datang ke lokasi bukit dengan batu-batu besar ini.

Para pengunjung kebanyakan berasal dari wilayah utara Majalengka. Seperti Jatitujuh, Ligung, Kertajati, Sumberjaya serta Indramayu dan Cirebon. 

Mereka menilai, wisata Cadas Gantung ini punya pemandangan yang unik dengan sensasi sunsetnya. Sayangnya, karena saat ini sering turun hujan, hanya sedikit pengunjung yang datang.

“Asik juga datang ke lokasi ini (cadas gantung, red), kami bisa berselfie. Cuma sayang saat ini selalu turun hujan, jadi gak bisa lihat sunset-nya. Saya akan ke sini lagi nanti kalau musim kemarau,” ujar Rina, salah seorang pengunjung.

Objek wisata itu kini dikelola Karang Taruna Desa Mirat dengan Perhutani Majalengka karena lokasinya sendiri termasuk dalam area Perhutani. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki menuju tiket masuk. 

Cukup membayarnya Rp5 ribu per orang, pengunjung bisa menuju puncak. Pengunjung juga akan melalui perjalanan mendaki dan terjal. Nmun rasa capek dan lelah akan terpuaskan bila pengunjung telah mencapai Cadas Gantung.

Menuju ke lokasi tersebut, pengunjung dapat melalui jalur Prapatan menuju Rajagaluh. Sampai di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Leuwimunding, pengunjung akan diarahkan melalui penunjuk jalan ke area obyek wisata Cadas Gantung yang dapat ditempuh dalam 15 menit.

Kondisi jalan cukup bagus, hanya saja masih sempit karena cuma seukuran mobil kecil, sedangkan pengguna kendaraan roda dua bisa melaju bebas. 

Harus ekstra hati-hati karena jalan menanjak dan tikungan setiap saat menghadang pengendara. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit batu kapur nan indah. 

Perwakilan dari Perhutani, Suwanda mengatakan, objek wisata ini sempat mengalami lonjakan kunjungan pada saat libur lebaran 2016. 

“Saat itu pengunjungnya mencapai 2 ribu lebih dalam sehari. Disarankan para pengunjung agar hati-hati ketika ingin menuju ke puncak Cadas Gantung karena jalannya terus menanjak,” ujarnya. (hrd)

Sumber: