Olahraga bisa Kurangi Nyeri Saat Menstruasi

Olahraga bisa Kurangi Nyeri Saat Menstruasi

CIREBON - Kebanyakan dari perempuan seringkali mengalami rasa nyeri pada saat menstruasi. Rasa nyeri yang ditimbulkan bukan hanya membuat stres, malah tidak sedikit merasa terganggu rutinitas dikesehariannya.
Sulfianty Irfan. dok. Rakyat Cirebon
Hal itu tentunya akan berdampak negatif bagi perempuan dikala datang bulan. Karena, aktivitasnya mesti terpotong lantaran menahan rasa nyeri. Bahkan, ada yang lebih parah, bisa sampai menyebabkan tak mampu melakukan aktivitas apapun lantaran rasa sakit yang hebat.

Semua itu tentunya perlu diperhatikan dengan seksama, kendatipun wajar adanya. Hal ini diakui Praktisi Kesehatan, dr Sulfianty Irfan MMKes. Menurutnya rasa sakit yang terjadi pada saat menstruasi diakibatkan oleh hormon dismenore.  

“Sebenarnya, setiap hari terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim, hanya saja, karena cukup halus, jadi tidak terasa. Tetapi ketika masa datang bulan terjadi kontraksi yang cukup kencang sebagai bagian dari peluruhan darah haid. Sehingga kerap kali wanita merasa sakit,” ujar Sulfianty, Rabu (21/6).

Sulfianty terang juga Kepala Puskesmas Kesambi itu mengatakan, kontraksi terjadi dikisaran tiga hari perama pada saat menstruasi, atau menjelang menstruasi. Hal itu merupakan kewajaran yang banyak dialami oleh perempuan. Hanya saja, perlu diperhatikan ketika rasa sakit yang menimpa itu berlebihan. 

“Kalau sampai nyerinya cukup hebat harus sesegera mungkin untuk dikonsultasikan ke dokter, khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena aktifitas menstruasi itu menjadi pekerjaan rutin bagi perempuan,”ucapnya.

Sulfy menyampaikan, cara mengantisipasinya, cukup dengan membiasakan rutinitas olahraga. Dengan berolahraga dapat menghindari rasa nyeri, karena otot-otat yang berada diperut maupun dikisaran rahim akan terbiasa, ketika telah membiasakan berolahraga. 

“Rutinitas olahraga bisa mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan, kemudian selain itu hindari makanan pedas, meskipun sulit ditinggalkan, tetapi menghindarinya bisa menjadi salah satu solusi, kemudian manakala saat terjadinya menstruasi merasakan rasa nyeri, segeralah untuk melakukan istirahat,” pungkasnya. (zen)

Sumber: