Pemudik Diimbau Bawa Selalu Kartu JKN-KIS

Pemudik Diimbau Bawa  Selalu Kartu JKN-KIS

KESAMBI - Para pemudik diimbau untuk selalu membawa kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan memastikannya dalam keadaan aktif.
\"pemudik
Konferensi pers BPJS Kesehatan Cirebon. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Cabang Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cirebon, Dasrial SE Ak MSI, melalui Kepala Unit hukum dan Komunikasi Publik, Sumbut Murwata saat menggelar Konferensi Pers, Kamis (15/06) kemarin.

\"Selama mudik, kita tetap berikan pelayanan, bahkan kita ada program khusus, jadi untuk para pemudik selalu bawa kartu BPJS-nya,\" ungkap Sumbut dihadapan sejumlah wartawan.

Beberapa kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan selama mudik ini, lanjut dia, diantaranya selama waktu mudik yang ditentukan sejak tanggal 19 Juni sampai 2 Juli nanti. 

Para peserta yang sedang berada di luar kota dapat berobat di luar wilayah asal, tentu hal itu tanpa harus melapor terlebih dahulu kepada BPJS setempat.

Kebijakan baru yang diterapkan selama waktu mudik tersebut dikatakan Sumbut mengacu kepada prinsip Portabilitas yang selalu diutamakan oleh BPJS Kesehatan. 

\"Peserta yang sedang sakit, baik dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS, tidak perlu di daerah asal,\" lanjut Sumbut.

Untuk melayani para peserta JKN-KIS di wilayah kerja KCU Cirebon, perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 38 Rumah Sakit mulai dari ujung Indramayu hingga ujung Kabupaten Kuningan, selain itu, BPJS juga telah terintegrasi dengan 404 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Pada dasarnya, kebijakan dan semua kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan selama mudik tahun 2017 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Namun ditambahkan Sumbut, untuk tahun ini BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk memudahkan para pemudik dalam mengakses informasi tentang BPJS.

\"Tidak jauh berbeda, namun saai ini kita terus tingkatkan pelayanan selama mudik, salahsatunya dengan ada aplikasi kami yang baru, yakni Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan,\" katanya. (sep)

Sumber: