Enam Lokasi Pasar Tumpah Dikanalisasi

Enam Lokasi Pasar Tumpah Dikanalisasi

INDRAMAYU - Sebanyak enam pasar tumpah di jalur Pantura Indramayu memiliki tingkat kerawanan kemacetan yang cukup tinggi. 
\"jalur
Jalur Pantura Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Pihak kepolisian berencana akan melakukan kanalisasi agar arus lalu lintas selama musim mudik lebaran nanti tetap lancar.

Keenam pasar tumpah itu terdapat di ā€ˇwilayah Sukra, Patrol, Eretan, Cilet, Parean, dan Jatibarang. Semuanya berada di jalur utama transportasi darat nasional. Sehingga potensi kemacetan yang tinggi dinilai perlu diantisipasi dengan upaya dan langkah penanganan secara intensif. 

\"Untuk penanganannya kami lakukan kanalisasi untuk mencegah masyarakat menyeberang sembarangan,\" jelas Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin melalui Kasat Lantas, AKP Asep Nugraha, Rabu (7/6).

Tidak kalah pentingnya, dalam rangkaian kegiatan Operasi Ramadniya Lodaya 2017 tersebut pihaknya melarang para pedagang membuka lapak di bahu jalan. 

Dalam hal ini pihaknya menganggap perlu adanya koordinasi dengan dinas/instansi terkait, salah satunya pemerintah kecamatan setempat yang wilayahnya terdapat pasar tumpah pantura. \"Nanti kami sarankan dengan imbauan dulu,\" kata dia.

Diungkapkan Asep, kemacetan di lokasi pasar tumpah yang selama ini terjadi diakibatkan banyak pedagang menggunakan bahu jalan untuk membuka lapak dagangannya. 

Ditambah lagi, kendaraan angkutan penumpang dan barang, serta becak memaksakan berhenti sembarangan hingga parkir di badan jalan. \"Intensitas penyeberang juga tinggi dan dapat memicu kemacetan,\" sebutnya.

Untuk itu, kanalisasi menjadi pilihan yang akan digunakan dalam pengamanan arus mudik dan balik. Lalu pihaknya akan menentukan lokasi yang dapat digunakan untuk akses penyeberangan, dengan disiagakan personel pengamanan gabungan. 

\"Teknisnya nanti dibahas bersama dinas maupun instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan,\" tukasnya. (tar)

Sumber: