Jelang Kartini, Penjual Kue Mulai Banjir Pesanan

Jelang Kartini, Penjual Kue Mulai Banjir Pesanan

CIREBON  –  Jelang hari Kartini, pebisnis kue aneka karakter di Cirebon kini mulai ramai. Besarnya permintaan membuat bisnis kue karakter menjadi terbilang menjanjikan. Umumnya, bisnis kue ini dijalankan dengan konsep rumahan.   
\"kue
Kue karakter Mia Sweet. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Salah satunya, produsen  kue karakter Mia Sweet.  Di  rumah yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa itu, owner Mia Sweet, Putri Permatasari mengaku selalu kebanjiran order jelang perayaan Hari Kartini atau  Hari Ibu.  

“Biasanya  untuk ulang tahun atau hari Kartinian, kan ada juga yang ingin hadiahnya spesial buat ke orang tua. Mereka pesen kue dari kami,” ungkap Putri di kediamannya, kemarin.

Hal tersebut tak disia-siakan Putri untuk meraup omzet lebih besar, dibanding  hari biasanya. Sebagian besar permintaan kue  karakter jelang perayaan Kartini lebih bertema keluarga. Potret keluarga harmonis biasanya menjadi saya tarik tersendiri.

“Modelnya beragam, tergantung keinginan konsumen.  Tapi, kebanyakan kalau untuk orang tua  temanya lebih ke keluarga,” jelasnya.

Meski begitu, Mia Sweet sendiri sudah menyiapkan kue karakter baku. Sehingga, pelanggan yang belum punya  gambaran tentang tema kue yang akan dipesan bisa langsung memilih mau model kue sesuai kesukaan.

 “Produknya ada kue ulang tahun. Termasuk cup cake, dari yang klasik sampai dengan kekinian, nasi kuning, snack box, dessert buat meja ulang  tahun, cokelat pralin, cookies, pasta dan masih banyak lagi,” ungkap Putri, kemarin.

Seiring dengan makin meningkatnya pesanan, Mia Sweet  juga terus mengembangkan inovasi cake-nya.  “Sekarang cake sama cup cake karakter, lebih arah untuk keluarga. Seperti kue pesanan suami buat istri, ada karakter sekeluarga kadang buat neneknya,” imbuhnya.

Menariknya, cake produksi Mie Sweet  tidak menggunakan bahan pengawet. Bahan yang dipilih, tutur  Putri ialah bahan berkualitas yang sangat aman untuk dikonsumsi. Dari  sinilah kemudian, cake produksi Mia Sweet   kian diburu.

Tak hanya Mia Sweet, produsen kue karakter lainnya, Puji  juga mengaku kebanjiran order jelang hari Kartini.  Di rumah produksinya di kawasan Taman Tukmudal, Cirebon, Puji kerap mendapat orderan dari pelanggannya.

“Otomatis kalau hari Kartini banyak. Saya  yakin bukan di sini aja, karena selera orang sekarang itu bukan hanya rasa tapi juga keunikan juga diburu. Ingin sesuatu yang beda,” terangnya.

Puji sendiri membandrol aneka kue karakter buatannya mulai dari harga  Rp20 ribuan untuk cake ukuran kecil.  Soal harga, tutur Puji sangat bergantung dari model dan ukuran  kue yang dibutuhkan. 

Meski begitu, hampir  semua  segmen mengalami kenaikan permintaan. “Ada kenaikan sekitar 20 sampai 30 persen,” tutup Puji. (wan)

Sumber: